Cara Mengobati Luka Bakar Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Luka bakar merupakan salah satu jenis cidera pada kulit yang disebabkan oleh listrik, gesekan, zat kimia, radiasi dan juga suhu panas. Semua orang pastinya sudah pernah mengalami luka bakar baik ringan ataupun berat. Biasanya luka bakar ringan disebabkan karena percikan minyak panas atau yang lainnya. Namun jika tidak segera diatasi luka bakar dapat menyebabkan kulit kemerahan dan terasa nyeri dan biasanya seseorang yang mengalami luka bakar berat akan menunjukkan beberapa perasaan tidak nyaman ataupun megeluhkan tentang cidera yang ia alami.

cara mengobati luka bakar

Tak hanya itu saja, seseorang yang mengalami luka bakar berat juga rentan mengalami gangguan emosional dan psikologis. Oleh karena itu, jika Anda mengalami cidera yang satu ini sebaiknya segera Anda atasi. Ini karena selain nyeri luka bakar yang diabaikan juga dapat menimbulkan iritasi dan juga infeksi. Namun Anda jangan khawatir, berikut adalah cara mengobati luka bakar secara alami yang dapat Anda coba.

Cara Mengobati Luka Bakar yang Perlu Anda Ketahui

Lidah Buaya

Selain bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah pada rambut seperti rambut tipis, rambut bercabang, serta rambut rusak lidah buaya juga berguna untuk mengobati luka bakar. Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung zat yang dapat meredam panas yang ditimbulkan oleh luka tersebut. Cara menggunakannya pun mudah, yaitu hanya dengan mengoleskan lidah buaya pada luka bakar yang Anda derita. Lidah buaya hanya digunakan pada luka bakar yang tidak mengalami luka terbuka. Karena mengoleskan lidah buaya pada luka bakar yang terbuka dapat membut rasa perih dan tidak nyaman.

Teh

Mengonsumsi teh celup pada waktu santai adalah salah satu hal yang menyenangkan. Namun tak hanya digunakan untuk teman ngobrol dan nyemil saja, teh celup juga dapat digunakan untuk meringankan rasa sakit pada luka bakar. Kandungan tannin pada teh celup dipercaya dapat mengobatai luka bakar ringan. Caranya, hanya dengan mengompreskan bungkus teh celup hasil seduhan pada kulit yang mengalami luka bakar.

Minyak zaitun

Sama halnya dengan lidah buaya, minyak zaitun juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pada rambut. Namun tak hanya itu saja, minyak zaitun juga berguna untuk membantu Anda dalam merawat kecantikan kulit seperti menghilangkan noda bekas jerawat dan mengatasi jerawat. Selain dapat mengatasi luka bakar, manfaat minyak zaitun lainnya yaitu dapat menghilangkan bekas luka bakar pada kulit Anda.

Madu

Cara mengobati luka bakar selanjutnya adalah dengan cara menggunakan madu. Kandungan antiseptik pada madu juga berguna untuk meringankan luka bakar yang Anda alami. dengan cara mengoleskan madu pada luka bakar secara rutin, ini akan membantu proses penyembuhan Anda.

Nah itulah beberapa cara mengobati luka bakar secara alami yang dapat Anda coba.