Cara Mengobati Kurap Paling Ampuh dan Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Panu, kadas dan kurap merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan dan perkembangan jamur. Penyakit karena jamur ini meskipun tidak berbahaya tetapi cukup mengganggu karena membuat kita kurang percaya diri, warna kulit yang berubah sangat tidak enak dilihat mata. Jika kemarin sudah menjelaskan mengenai cara mengatasi panu secara alami, kali ini akan menjelaskan tentang penyakit kurap.

cara mengobati kurap

Kurap sendiri merupakan jenis penyakit kulit yang sangat menganggu, selain dapat menimbulkan rasa gatal, jika terlalu sering digaruk maka penyakit ini akan menjadi lebar.  Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengobati jenis penyakit menular yang satu ini. Selain menggunakan salep tak ada salahnya juga untuk mengatasinya dengan menggunakan bahan alami. Penggunaan bahan alami untuk mengobati kurap banyak disukai karena bahan-bahannya mudah didapat, efektif dan tentunya lebih murah. Nah berikut adalah cara mengobati kurap secara alami.

Inilah cara mengatasi kurap tanpa obat paling mujarab

Lengkuas

Jenis tanaman yang hidup di wilayah tropis Indonesia ini seringkali digunakan sebagai bumbu masak. Namun tak hanya itu saja kegunaan lengkuas. Lengkuas juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan, salah satunya yaitu dapat digunakn untuk mengobati penyakit kurap. Hal ini dikarenakan lengkuas kaya akan zat baik seperti amilum, quersetin, flavonoid yang sangat ampuh untuk melawan jamur dan bakteri. Caranya pun sangat mudah, yaitu ambil lengkuas segar lalu belah menjadi dua bagian dan gosokkan pada kurap. Untuk hasil yang lebih maksimal sebelum menggosokannya pada bagian tubuh yang terkena kurap.

Bawang putih

Sudah menjadi rahasia umum jika bawang putih memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan bawang putih merupakan salah satu makanan yang mengandung antibiotik alami. Selain berguna untuk mengobati sakit gigi, manfaat bawang putih lainnya adalah dapat digunakan untuk mengobati kurap. Caranya, oleskan  bawang putih yang sudah dibelah pada area kulit yang terkena kurap. Lakukan secara teratur untuk mempercepat proses penyembuhan.

Kombinasi lengkuas dan bawang putih bisa menjadi obat ampuh untuk mengobati kurap secara tradisional. Caranya dengan menumbuk 4 batang lengkuas dengan satu buah bawang putih, berikan beberapa tetes cuka dan balurkan di atas kurap, pengobatan memakan waktu 4-7 hari.

Belerang

Cara mengobati kurap selanjutnya adalah dengan menggunakan belerang. Sama halnya dengan bawang putih, belerang juga memiliki sifat anti bakteri dan juga anti jamur. Kandungan inilah yang membuat belerang dapat dimanfaatkan sebagai obat kurap alami paling ampuh. Caranya, oleskan belerang cair pada bagian kulit yang terkena kurap, diamkan beberapa menit hingga kering. Setelah itu Anda bisa membilasnya hingga bersih. Obyek wisata air panas mengandung banyak belerang anda bisa mandi disana untuk menghilangkan berbagai macam penyakit kulit termasuk kurap.

Kunyit dan kapur sirih

Kunyit dan kapur sirih juga ampuh untuk mengobati kurap caranya dengan mencampurkan parutan kunyit yang dicampur dengan kapur sirih dan membalurkan diatas kurap setiap habis mandi. Cara ini dipercaya efektif membunuh jamur penyebab kurap.

Lidah buaya

Siapa yang tidak tahu dengan bahan alami yang baik bagi rambut dan kulit satu ini. Lidah buaya yang sering dijadikan tanaman hias seringkali digunakan untuk merawat rambut agar lebih tebal dan indah. Namun tak hanya itu saja manfaat lidah buaya, lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati kurap. Selain kurap, lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit herpes.

Nah itulah beberapa cara mengobati kurap tanpa obat dan secara alami. Resep obat tradisional diatas adalah resep turun-temurun yang diajarkan oleh orang tua kita tidak ada salahnya menggunakan bahan-bahan alami diatas tetapi apabila ingin mencoba obat dari dokter atau obat kurap umum yang biasa dijual di minimarket, supermarket, toko obat dan apotik juga tidak apa-apa tergantung pilihan anda.

Pencegahan

Langkah pencegahan diperlukan agar kurap tidak menyebar baik dari manusia ke manusia maupun dari hewan ke manusia dan sebaliknya. Penyakit karena jamur ini dapat berpindah dari satu orang ke orang lain dengan kontak langsung dari kulit ke kulit atau bisa juga melalui pakaian yang dipinjamkan atau dipakai oleh orang lain bisa lewat baju, celana, handuk dan seprei. Hewan yang menderita kurap juga bisa menularkan ke manusia atau dari manusia ke hewan oleh sebab itu periksakan hewan peliharaan anda ke dokter hewan secara berkala.

Jamur lebih mudah berkembang di bagian-bagian kulit yang lembab jadi penting untuk menjaga kelembaban kulit agar tidak berlebihan. Mandi, berganti pakaian jika berkeringat, tidak menggunakan baju dan celana ketat serta memakai pakaian yang mudah menyerap keringat adalah beberapa cara tepat untuk mencegah penyakit kulit karena jamur seperti panu, kadas dan kurap.