Cara Mengobati Bibir Kering Saat Puasa Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Cara mengobati bibir kering ketika Anda berpuasa sebenarnya cukup mudah. Bibir kering merupakan salah satu reaksi dari berpuasa, yakni karena tubuh dehidrasi sehingga kurang kelembaban pada bagian bibir. Ketika Anda berpuasa asupan air sangat kurang kemudian berdampak terhadap bibir menjadi kering dibanding hari biasanya.

Pada dasarnya kulit bagian bibir berbeda dengan kulit bagian tubuh lainnya. Kulit bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga sangat berisiko mengalami kekeringan. Jika kulit yang kering tersebut dibiarkan maka akan menjadi pecah-pecah, bahkan dalam beberapa kondisi dapat menyebabkan luka.

Ada beberapa cara mengobati bibir kering ketika Anda berpuasa. Namun sebelum membahasnya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab gigi kering. Ha ini sangat penting untuk mencegah bibir kering muncul kembali. Berikut beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui.

Dehidrasi – Kondisi ini terjadi saat tubuh kekurangan cairan yang menyebabkan kulit di bagian bibir mengalami kekeringan. Jika ini terjadi ketika Anda berpuasa maka Anda harus segera mengobatinya agar tidak semakin parah.
Merokok – Meskipun hal ini dianggap sepele naun asap rokok sebenarnya dapat menghilangkan kelembaban pada kulit bibir. Untuk itu, bagi Anda yang gemar merokok diharapakan untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.
Paparan sinar matahari – Penyebab bibir kering selanjutnya adalah karena paparan sinar matahari. Sinar UV dapat menyebabkan berkurangnya kelembaban pada kulit bibir. Apalagi jika bibir terkena paparan sinar matahari dalam waktu yang lama.
Menjilat bibir – Kebiasaan ini dapat menyebabkan minyak pada bibir akan terlarut. Sehingga bibir akan mudah kering dan menyebabkan pecah-pecah.
Panas dalam – Jika Tubuh mengalami panas dalam maka dapat menyebabkan bibir kering. Jika kondisi ini terus dibiarkan maka akan berakibat fatal.

Cara Mengobati Bibir Kering Saat Puasa

Cara Mengobati Bibir Kering dengan Mudah

Merawat bibir kering sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Anda dapat menggunakan cara-cara alami agar bibir kembali normal dan terlihat sehat. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika mengalami bibir kering saat puasa.

Mengonsumsi Banyak Air Putih

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika penyebab utama bibir kering adalah kurangnya cairan pada tubuh. Untuk itu, Anda dapat mengonsumsi air putih sebanyak mungkin. Seperti yang kita ketahui jika tubuh dianjurkan mendapatkan asupan air putih minimal 8 gelas per hari. Jika Anda sedang berpuasa maka Anda harus mengonsumsi air putih lebih dari itu, misal 12- 13 gelas antar waktu buka puasa hingga sahur.

baca juga : tips memerahkan bibir secara alami

Menggunakan Madu

Cara mengobati bibir kering selanjutnya adalah dengan menggunakan madu. Madu memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Madu memiliki kandungan mineral essensial yang dapat menjaga kelembaban bibir serta mencegah paparan sinar matahari. Untuk mengatasi bibir kering, Anda dapat mengoleskan madu secara rutin pada bibir Anda. Waktu yang tepat adalah saat menjelang tidur. Dan bilas saat Anda bangun sahur.

Jeruk Nipis dan Lemon

Baik jeruk nipis ataupun lemon memang sama-sama buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Buah-buahan tersebut dikenal memiliki sifat masam. Penggunaan lemon atau jeruk nipis untuk mengatasi kulit kering memiliki efek yang sedikit perih pada bibir. Namun lama-kelamaan rasa tersebut akan menghilang seiring bibir Anda mulai sembuh.

Minyak Almond

Minyak almond mengandung vitamin E yang cukup tinggi. Untuk itu, minyak ini sangat cocok digunakan dalam mengobati bibir kering. Jika minyak almond dioleskan secara rutin pada bibir Anda maka akan dapat mengembalikan kelembabannya. Sebelum Anda menggunakannya sebaiknya panaskan terlebih dahulu minyak almond, kemudian tunggu hingga agak dingin. Setelah itu Anda dapat mengoleskannya pada bibir.

Cara Mengobati Bibir Kering Saat Puasa1

Mentimun

Mentimun memiliki sifat mendinginkan dan melembabkan kulit. Untuk mengatasi bibir kering Anda dapat memotong mentimun dengan ukuran kecil. Setelah itu siapkan air dingin dan letakkan potongan-potongan ke dalamnya. Anda dapat menempelkan potongan mentimun pada bibir sambil memijitnya. Lakukan secara rutin agar bibir kembali terhidrasi.

Wortel

Wortel memang menjadi pilihan untuk menyembuhkan beberapa masalah kulit. Wortel mengandung vitamin A yang dikenal baik untuk kesehatan mata. Namun setelah dilakukan penelitian ternyata wortel memiliki kandungan yang baik untuk melembabkan bibir secara alami. Cara mengobati bibir kering dengan wortel cukup mudah, Anda cukup menghaluskan wortel kemudian oleskan secara merata pada bagian bibir. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas menggunakan air bersih.

Tomat

Tomat adalah salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dipercaya dapat membuat bibir lembab secara alami. Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah menggunakan tomat adalah dengan membelah tomat menjadi dua bagian. Gunakan bagian dari tomat tersebut untuk dioleskan keseluruh bagian bibir. Setelah didiamkan 15 menit kemudian Anda dapat membilasnya menggunakan air dingin.

baca juga : tips memakai lipstik untuk bibir kering

Itulah beberapa cara mengobati bibir kering yang dapat Anda lakukan secara alami.

terms: darah di bibir ketika berpuasa