Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Batuk merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus. Biasanya jika sudah terkena batuk dapat disertai dengan flu, dan juga dahak. Hal tersebut memang sangat menyiksa , selain karena dada akan terasa sakit terjadi akibat batuk, juga akan sangat mengganggu saat tidur. Rasa gatal pada tenggorokan juga turut terjadi ketika terkena batuk berdahak.

Untuk mengatasi batuk berdahak dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu untuk cara alami, serta cara medis. Untuk cara medis menggunakan obat yang diberikan oleh dokter, maupun beli di apotek, sedangkan untuk cara alami dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi bahan-bahan alami yang berkhasiat. Nah untuk memberikan informasi mengenai apa saja obat alami untuk batuk berdahak, silahkan simak pembahasannya!

Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

Teh Jahe

Mengonsumsi teh dengan dilengkapi irisan jahe menjadi salah satu cara yang dapat mengobati batuk berdahak. Teh dengan campuran irisan jahe ini sangat bermanfaat untuk mengatasi batuk berdahak yang sangat menyiksa. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat mengonsumsi 2 kali dalam sehari pagi dan sore. Selain itu rasa hangat dari jahe akan nyaman di tubuh, serta tenggorokan.

Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Meskipun buah ini memiliki rasa kecut, tetapi buah yang bergerombol ini memiliki khasiat bagi tubuh. Belimbing wuluh dapat Anda jadikan obat alami untuk batuk berdahak. Belimbing wuluh dapat Anda buat sebagai ramuan yang bermanfaat.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis buah yang sangat membantu dalam mengatasi batuk berdahak. Jeruk nipis dapat Anda kombinasikan dengan campuran madu, dan air hangat. Campurkanlah perasan air dari jeruk nipis, dengan air hangat segelas kecil yang sudah ditambahkan dengan madu. Kemudian Anda dapat meminum ramuan tersebut 1 sendok teh untuk dua kali dalam sehari.

Cara lainnya masih penggunaan perasan air dari jeruk nipis adalah dengan mencampurkannya ke dalam teh hangat atau kecap. Air jeruk nipis dicampurkan dengan kecap, diminum sebanyak 2 kali sendok teh dalam sehari. Baca juga Tips Merawat Laptop Agar Awet

Banyaklah untuk Minum Air Putih Hangat

Cara mengobati batuk berdahak secara alami yang berikutnya adalah dengan memperbanyak minum air putih hangat. Air putih hangat juga berperan dalam mengeluarkan dahak dari tenggorokan, sehingga dapat mengobati batuk berdahak secara alami. Minumlah air hangat biasa, atau bisa juga dengan tambahan irisan dari jeruk nipis.

Kunyit

Untuk meredakan batuk berdahak yang berikutnya adalah dengan cara memanfaatkan kunyit. Kunyit merupakan salah satu bahan yang dapat meredakan batuk berdahak. Untuk penggunaannya Anda dapat menambahkan setengah sendok teh kunyit yang sudah ditumbuk dengan campuran madu dalam satu gelas susu. Kunyit merupakan bahan alami yang memiliki khasiat untuk mengatasi batuk.

Itulah tadi beberapa ulasan mengenai cara mengobati batuk berdahak secara alami yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. Baca juga artikel Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi