Cara Menghilangkan Virus di Laptop/Komputer

By Categories : Teknologi

Terdapat banyak efek buruk ketika laptop atau komputer yang Anda gunakan terinfeksi oleh virus, malware atau sejenisnya. Dampak dari laptop terinfeksi oleh virus diantaranya laptop bekerja lebih lambat, mudah hang, aplikasi tidak bisa dibuka, file hilang, sampai dengan resiko pencurian data. Untuk menghindarkan hal tersebut wajib halnya pengguna laptop untuk menggunakan dan memasang antivirus. Terdapat banyak pilihan antivirus berkualitas yang bisa Anda gunakan.

Setiap antivirus memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lantas bagaimana jika laptop atau komputer sudah terinfeksi oleh virus? jangan khawatir, terdapat beberapa cara menghilangkan virus di laptop yang bisa Anda lakukan. Untuk mengetahui lebih lanjut simak pada pembahasannya di bawah ini!

Menghilangkan Virus di Laptop

Berikut Cara Menghilangkan Virus di Laptop

Melakukan Scanning dengan Antivirus

Cara menghilangkan virus di laptop yang pertama adalah dengan melakukan scanning antivirus. Instal antivirus yang Anda gunakan misal Avast, Avira, ESET NOD, atau antivirus lainnya. Dengan melakukan scanning maka antivirus akan melacak setiap virus, malware, atau sejenisnya yang terdapat di dalam laptop. Ketika sudah terdeteksi hapus semua virus tersebut, biasanya akan ditandai dengan file yang hilang akibat infeksi oleh virus. Selain menggunakan antivirus luar, Anda dapat mengkombinasikan dengan antivirus lokal agar bekerja lebih maksimal.

Melakukan Scanning melalui Safe Mode

Cara kedua adalah melakukan scan melalui safe mode. Untuk cara yang satu ini Anda dapat menggunakan aplikasi Norman Malware Cleaner yang cukup ampuh dalam menghapus virus yang terdapat di dalam laptop melalui safe mode. Aplikasi ini bersifat portable, sehingga membuat pengguna tanpa perlu meng-instal terlebih dahulu. Masuk ke dalam safe mode terlebih dahulu, setelah itu buka aplikasi Norman Malware Cleaner dan pilih full scan untuk melacak virus yang terdapat di dalam laptop. Setelah selesai restart kembali untuk masuk ke mode normal.

Membersihkan System Restore

Cara menghilangkan virus di laptop berikutnya adalah dengan membersihkan system restore. Hal ini bertujuan agar si virus tidak menginfeksi system. Untuk caranya klik menu setelah itu klik all program kemudian pilih aksesoris. Setelah pilih aksesoris, langkah berikutnya pilih system tools dan barulah pilih disk cleanup. Untuk langkah selanjutnya pilih partisi mana yang akan Anda bersihkan. Sebagai contoh Drive D, kemudian klik tab more option yang terletak pada bagian kanan, kemudian pilih system restore yang dibarengi dengan menekan tombol clean up serta tombol delete.

Dengan Cara Instal Ulang laptop

Cara yang satu ini menjadi cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan semua virus yang ada di laptop Anda. Dengan melakukan install ulang, virus yang terdapat di Local Disk C secara otomatis akan terhapus. Namun perlu diketahui juga sesudah melakukan install ulang, sebaiknya jangan membuka file apapun yang terdapat di partisi lain. Ini dikarenakan untuk mencegah virus berbahaya menyebar dan menginfeksi program lain. Untuk itu setelah selesai install ulang pastikan meng-instal antivirus update terlebih dahulu barulah lakukan proses scanning menyeluruh.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa cara menghilangkan virus di laptop/komputer yang bisa Anda coba.

terms: cara membersihkan virus di local disk c, cara menghilangkan virus di local disk d, cara menghapus virus di local d dan c, cara menghapus virus d local disk c