Cara Menghilangkan Pikiran Negatif yang Perlu Anda Ketahui

By Categories : Umum

Pikiran negatif terkadang sering muncul dan terlintas di pikiran setiap orang. Pikiran negatif ini tentunya akan sangat merugikan dan membuat diri menjadi tidak tenang. Mungkin Anda akan berusaha untuk memaksa agar pikiran negatif tersebut hilang dari kepala Anda. Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan pikiran negatif yang sering terlintas.

Perlu pendekatan yang baik untuk benar-benar menghilangkan pikiran negatif. Jika saja pendekatan dalam diri sampai keliru dilakukan bisa menjadi bumerang. Agar benar-benar terbebas dari pikiran negatif, berikut beberapa cara menghilangkan pikiran negatif yang perlu Anda ketahui!

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

Berikut Cara untuk Menghilangkan Pikiran Negatif

Mengubah Pola Berpikir

Terkadang berpikir negatif merupakan hasil dari sudut pandang yang buruk. Sebaiknya Anda memulai melihat sudut pandang disekitar Anda. Cobalah mengubah kalimat Anda yang mulanya negatif menjadi positif. Misal saja Anda berpikiran untuk menghadapi segala tantangan secara positif, dan yakinlah untuk bisa melewati tantangan tersebut satu per satu. Dengan kalimat tersebut, Anda akan berpikir lebih positif.

Mencobalah untuk Latihan Besyukur

Cara menghilangkan pikiran negatif yang berikutnya adalah dengan mencoba bersyukur apa yang telah diberikan oleh Tuhan kepada Anda. Usahakan jangan terlalu fokus kepada sesuatu yang tidak Anda punya, melainkan coba melatih rasa syukur yang sudah Anda nikmati setiap harinya. Dengan bersyukur apa yang Anda miliki lebih baik dibandingkan dengan mengeluh mengenani kekurangan Anda.

Luangkan Waktu untuk Menenangkan Pikiran

Luangkanlah waktu Anda untul menenangkan pikiran dengan cara mengikuti yoga seminggu dua kali atau coba untuk mediasi selama 10 menit sebelum Anda tidur malam. Dengan cara tersebut membuat Anda tidak terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan. Jangan sampai terpengaruh dengan pikiran negatif, yang akhirnya Anda dapat membuat keputusan yang salah. Tidak lupa juga imbangi dengan berdoa untuk mendapatkan jalan keluar.

Luangkan Waktu dengan Berlibur

Aktivitas seharian yang membuat fisik dan tubuh lelah bisa memicu pikiran negatif muncul. Untuk itulah selain mengikuti yoga atau mediasi pikiran sebelum tidur, cobalah luangkan waktu untuk berwisata di tempat dengan nuansa alam yang sejuk dan damai. Wisata alam sangat cocok untuk membuat pikiran Anda lebih segar dan Anda bisa berpikir positif lagi. Tidak hanya pikiran saja yang membutuhkan penyegaran, tetapi juga dengan fisik yaitu dengan mencoba memikirkan waktu istirahat yang cukup.

Mengubah Hal dengan Ide kreatif

Menjadi kreatif merupakan hal berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk menghindari sekaligus menghilangkan pikiran negatif. Ketika pikiran negatif muncul maka Anda bisa mengalihkannya dengan cara menggunakan waktu untuk hal kreatif. Lakukan hal-hal kreatif sesuai pikiran Anda misal dengan cara melukis, bermain gitar, atau hal lainnya dengan kreatifitas Anda.

Demikianlah tadi cara menghilangkan pikiran negatif yang perlu untuk diperhatikan agar diri menjadi lebih tenang dan terhindar dari rasa gelisah.