Cara Menghilangkan Panu Secara Alami

By Categories : Tips

Panu adalah penyakit pada kulit yang identik dengan permasalahan kebersihan pada tubuh. Panu dapat menular kepada orang lain melalui sentuhan bagian badan yang terdapat panu. Penyakit pada kulit ini menjadi salah satu penyakit yang banyak ditakuti banyak orang, mengingat ketika kulit terkena panu dapat mengurangi rasa percaya diri. Terlebih jika panu menyerang bagian kulit yang mudah dilihat seperti wajah ataupun pada leher.

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami

Meskipun penyakit yang menyerang ini bukan termasuk sebagai penyakit mematikan, namun panu disebabkan oleh infeksi dari jamur yang bisa muncul pada setiap orang yang kurang memperhatikan kebersihan tubuh. Panu biasanya ditandai dengan perubahan warna kecil pada kulit seperti bintik putih tak beraturan. Selain itu panu juga ditandai dengan rasa gatal pada area kulit. Jamur yang menyebabkan penyakit panu pada kulit disebut malassezia. Tetapi Anda tak perlu terlalu khawatir, karena panu dapat diatasi dengan menggunakan bahan alami ataupun dengan menggunakan obat panu yang bisa didapatkan di apotek terdekat.

Berikut Ini Cara Menghilangkan Panu Secara Alami

Menggunakan Bawang Putih

Cara menghilangkan panu secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih merupakan salah satu rempah yang sering ditambahkan ke dalam masakan. Di samping sebagai rempah yang digunakan untuk memasak, bawang putih ternyata juga berkhasiat untuk mengobati panu pada kulit. Untuk penggunaannya cukup mudah yakni dengan mengiris bawang putih menjad dua. Irisan bawang putih yang bergetah oleskan pada kulit yang kena panu. Untuk proses melakukannya sebaiknya pada saat setelah mandi pagi dan sore.

Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman herbal yang sudah terkenal dengan khasiat untuk menjaga kesehatan rambut. Namun tahukah Anda bahwa lidah buaya juga dikenal sebagai obat untuk menghilangkan panu. Untuk cara penggunaannya cukup mengambil satu batang lidah buaya yang dipotong menjadi dua bagian. Bagian lidah buaya yang berlendir gosokkan pada bagian kulit yang terkena panu. Setelah digosokkan baru menunggu beberapa waktu sebelum dibilas dengan menggunakan air hangat.

Menggunakan Tea Tree Oil

Cara menghilangkan panu berikutnya adalah dengan menggunakan Tea Tree Oil. Minyak pohon teh mengandung bahan alami yang berguna efektif untuk mengobati infeksi pada kulit yang disebabkan oleh jamur. Untuk menghilangkan panu secara alami, Anda bisa menggunakan tea tree oli sekali setiap harinya dalam waktu dua minggu secara rutin.

Menggunakan Sari Cuka Apel

Cara menghilangkan panu secara alami yang kelima adalah dengan menggunakan sari cuka apel. Cara ini dapat menjadi alternatif Anda selain menggunakan cara di atas. Untuk penggunaanya, Anda cukup dengan mencampurkan satu sendok teh sari cuka apel saja ke dalam teh. Setelah tercampurkan oleskan cairan tersebut ke dalam area kulit yang terserang panu.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa cara menghilangkan panu yang bisa Anda coba. Untuk cara alami membutuhkan waktu dan perawatan yang rutin agar panu dapat hilang. Baca juga artikel mengenai Manfaat belerang bagi kulit.