Cara Menghilangkan Noda di Baju

By Categories : Tips

Pakaian seperti baju yang kita kenakan sehari-hari sangat rentan terkena noda. Noda pada pakaian pada baju perlu cepat ditanggapi jika tak ingin susah dihilangkan akibat menempel terlalu lama. Untuk menghilangkan noda membandel pada baju dapat dilakukan dengan beberapa cara. Noda membandel pada baju membuat baju terlihat kotor terlebih jika warna baju putih ataupun warna lainnya yang terlihat mencolok. Lalu bagaimana saja cara menghilangkan noda di baju? Nah untuk lebih lanjutnya silahkan ikuti pembahasannya di bawah ini!

Cara Menghilangkan Noda di Baju

Berikut Cara Menghilangkan Noda di Baju

Noda akibat Tinta

Jika baju Anda terkena noda akibat dari tinta terdapat beberapa cara alternatif yang bisa Anda lakukan. Teteskan beberapa aseton cairan untuk menghapus cat kuku pada bagian baju yang terkena tinta. Diamkan beberapa waktu kurang lebih 30 menit setelah itu barulah kucek-kucek baju sampai dengan tinta luntur. Setelah langkah tersebut barulah Anda dapat mencucinya seperti biasa dengan menggunakan detergen sampai dengan bersih sebelum membilasnya dengan air bersih.

Noda akibat Minuman Berawarna

Untuk baju yang terkena noda dari minuman berwarna memang memiliki tingkat kesulitan yang sama dengan tinta. Untuk noda akibat dari minuman berawarna seperti sirup berbeda dengan minuman seperti soda. Jika terkena baju, Anda dapat mencoba menghilangkannya dengan menggunakan garam yang dituangkan pada bagian baju yang terkena noda minuman berwarna. Setelah dituangkan garam bilas dengan menggunakan air dingin, baru setelah itu mencuci baju seperti biasa dengan menggunakan detergen.

Noda akibat Cat dan Oli

Cara menghilangkan noda baju akibat cat dan oli dapat dilakukan dengan menggunakan sebutir telur. Untuk penggunaannya Anda dapat menggunakan bagian dari putih telur yang diambil terlebih dahulu kemudian oleskan pada bagian baju yang terkena noda dari cat atau oli. Gosok berulang-ulang dan rendam beberapa saat, kemudian barulah bilas dengan air bersih dan cuci dengan menggunakan detergen seperti biasa.

Noda akibat Luntur

Jika baju Anda luntur karena warna baju lain tak perlu panik. Luntur pada baju berwarna dapat diakibatkan dari warna baju lain. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan asam cuka yang telah dicampur dengan air deterjen. Rendam baju beberapa saat sekitar kurang lebih selama 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih sebelum dicuci seperti biasa dengan digosok secara searah. Di samping cara tersebut Anda juga bisa menggunakan garam yang dicampur dengan air, lalu menggosok secara perlahan.

Noda akibat dari Jamur

Noda akibat dari jamur seperti menimbulkan bintik-bintik hitam dapat Anda atasi dengan menggunakan sitrun yang biasa digunakan untuk membuat rasa asam pada makanan. Sifat asam yang cukup kuat membuat sitrun cukup ampuh dalam menghilangkan noda yang bersifat basa. Untuk prosesnya masukkan 2 sendok makan sitrun pada larutan air panas dengan sedikit air dingin. Kemudian rendam baju selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu kucek secara perlahan dan bilas dengan air bersih.

Nah itulah tadi beberapa cara menghilangkan noda pada baju yang bisa Anda coba untuk menghilangkan noda yang membandel. Baca juga artikel tentang Cara Merawat sepatu kulit.

loading...