Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk dengan Cepat

By Categories : Tips

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk adalah salah satu hal yang paling banyak ditanyakan hampir setiap orang. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif terhadap gigitan nyamuk, artikel kali ini sangat cocok disimak karena akan menjelaskan mengenai bagaimana cara yang tepat mengatasi bekas dan gatal akibat gigitan nyamuk. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Hewan yang memiliki nama latin Culicidae ini merupakan salah satu serangga yang menggigit manusia ataupun hewan. Gigitan nyamuk tak hanya menyebabkan rasa gatal saja, gigitan tersebut juga dapat menyebabkan permukan kulit menjadi bentol-bentol dan membengkak. Hal ini dikarenakan ketika akan menghisap darah manusia, nyamuk akan mengeluarkan air liur di kulit. Sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi gatal dan juga sedikit bengkak.

Dalam beberapa kasus, gigitan nyamuk tersebut dapat menjadi bekas luka yang membekas. Dan masalah akan muncul jika gigitan tersebut sangat terlihat seperti di tangan, wajah, ataupun di kaki. Tentu saja hal ini dapat membuat kita kesal karena bekas gigitan nyamuk tersebut dapat menurunkan rasa percaya diri.

Biasanya, langkah pertama kita untuk mengatasi gigitan nyamuk adalah dengan menggaruknya. Padahal cara ini terbilang tidak efektif dan justru dapat menyebabkan infeksi dan peradangan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Jangan khawatir, bahan alami ini bisa Anda gunakan untuk mengatasi rasa gatal dan bekas gigitan nyamuk pada kulit.

Inilah Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Secara Alamicara menghilangkan bekas gigitan nyamuk

Cara mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk sebenarnya sangat mudah sekali, yaitu dengan menggunakan sendok dan air panas. Caranya, celupkan sendok dengan air panas atau hangat lalu tempelkan sendok yang sudah dipanaskan ke kulit yang terasa gatal selama beberapa menit. Ketika Anda mengangkatnya hal rasa gatal yang Anda alami dapat berkurang dan akan segera hilang.

Kok bisa? Tahukah Anda bahwa nyamuk akan menyuntikkan protein di bawah kulit saat menghisap darah, protein inilah yang menyebabkan kulit menjadi gatal dan iritasi. Panas dari sendok logam yang Anda gunakan ternyata sangat efektif untuk memecah protein tersebut. Sehingga dapat menghilangkan rasa gatal hanya dalam beberapa menit.

Baca juga bahaya obat nyamuk bakar bagi kesehatan

Kompres Es Batu

Meskipun mampu mengatasi rasa gatal, sendok yang dipanaskan tersebut tidak mampu menghilangkan bekas gigitan nyamuk tersebut. Sehingga Anda membutuhkan obat lainnya seperti mengompresnya dengan es batu untuk menghilangkannya.

Tak hanya menghilangkan rasa nyeri dan bengkak pada kulit saja, es batu juga mampu menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Caranya bungkus sepotong es dengan handuk kertas lalu terapkan pada kulit yang digigit nyamuk. Lakukan hal ini jika Anda mendapati kulti bentol-bentol akibat gigitan nyamuk.

Menggunakan Tretinoin

Yang kedua adalah dengan menggunakan tretinoin. Tretinoin sendiri umumnya dikenal sebagai Retin-A yaitu salah satu obat yang sering digunakan untuk mengobati jerawat. Namun obat ini juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk.

Vitamin A derivatif yang terkandung di dalamnya dapat membantu Anda untuk memudarkan bintik-bintik bekas gigitan nyamuk. Meskipun membutuhkan waktu hingga tiga bulan dan penggunaan yang rutin sebelum melihat hasilnya. Namun tretinoin merupakan salah satu obat yang telah terbukti untuk meningkatkan kualitas kulit.

Minyak Geranium dan Minyak Neroli

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran minyak geranium dan minyak neroli. Mungkin kita sudah banyak mendengar mengenai  minyak geranium, sebab minyak yang berasal dari bunga geranium ini sering digunakan sebagai bahan alami pengusir nyamuk.

Kombinasi minyak geranium dan minyak neroli ini dapat membuat kulit menjadi lebih lentur dan dapat membantu noda bekas gigitan nyamuk menjadi kurang terlihat. Untuk mengatasi bengkak dan gatal Anda bisa mengkombinasikan minyak geranium dengan witch hazel.

Madu

Siapa yang tidak tahu madu? Hampir setiap orang tentu saja sudah mengetahui apa saja manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan. Selain mampu mengatasi radang tenggorokan dan menghilangkan bekas jerawat, madu juga sangat baik untuk mengatasi kulit gatal akibat gigitan nyamuk dan bekas gigitannya.

Caranya, campurkan air dan madu dengan perbandingan 1 : 3 lalu celupkan cotton bud dan oleskan pada bintik-bintik bekas gigitan nyamuk. Melakukan cara ini secara teratur dapat membuat kulit lebih sehat dan cantik tanpa bekas gigitan nyamuk.

Kantong Teh

Biasanya kantong teh digunakan untuk mengatasi bengkak di bawah mata. Namun kantong teh hijau juga dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri pada bekas gigitan nyamuk. Seorang ahli dermatologi yang berpraktik di New York City, Dr. Neal B. Schultz, teh kaya akan tanin yang berfungsi sebagai astrigent yang menarik keluar cairan dari gigitan.

Cuka Sari Apel

Selain dapat menghilangkan kutu rambut, cuka yang Anda gunakan juga dapat membantu untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk. Caranya, masukkan 2 cangkir cuka ke dalam air hangat lalu gunakanlah air tersebut berendam.

Baca juga cara mengusir lalat dengan cepat dan alami

Demikianlah ulasan mengenai cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan cepat dan paling efektif.