Cara Menghilangkan Bau pada Sepatu

By Categories : Tips

Bau tidak sedap yang muncul entah dari kaos kaki atau sepatu kerap kali menjadi permasalahan bagi sebagian orang. Hal ini biasanya dikarenakan kondisi lembab pada sepatu, sehingga akan menimbulkan bau yang kurang sedap. Selain akan menimbulkan bau yang kurang sedap, juga mempengaruhi kondisi penampilan. Cara menghilangkan bau pada sepatu cukup mudah untuk dilakukan. Selain bisa dihilangkan, bau yang muncul pada sepatu juga bisa dicegah dengan beberapa cara dibawah ini!

Cara Menghilangkan Bau pada Sepatu

Berikut Cara Menghilangkan Bau pada Sepatu

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau pada sepatu adalah dengan membersihkan sepatu minimal seminggu sekali. Cara membersihkan sepatu bisa dilakukan dengan cara mencucinya atau juga dengan cara membersihkan debu yang menempel. Jangan lupa juga ketika Anda mencucinya, gunakanlah sikat dengan permukaan yang halus agar tidak merusak kondisi sepatu. Setelah mencuci hindari kontak langsung dengan sinar matahari, dengan cara angin-anginkan sepatu di tempat terbuka.

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencuci kaos kaki yang Anda gunakan secara rutin. Cara ini sangat membantu sekali untuk menghilangkan bau kaki yang timbul pada sepatu. Kaos kaki yang sering digunakan akan menimbulkan bau yang kurang sedap. Apalagi masih ditambah dengan keringat pada kaki yang akan menambah aroma tidak sedap. Aroma ini akan menempel pada sepatu. Oleh sebab itu kebersihan utama merupakan hal penting dalam menghilangkan bau kaki.

Menggunakan baking soda bisa menjadi alternatif berikutnya untuk menghilangkan bau pada sepatu. Taburkan bubuk baking soda pada sepatu ketika malam hari. Ketika keesokan harinya, Anda bisa membersihkan bubuk baking soda pada sepatu. Dengan begitu bau pada sepatu dapat berkurang dengan sendirinya.

Memperhatikan tempat penyimpanan merupakan hal berikutnya yang bisa Anda perhatikan. Usahakan jangan tempatkan sepatu Anda disembarang tempat. Simpan sepatu Anda di dalam kotak yang memiliki lubang untuk sirkulasi udara, sehingga udara tidak terperangkap dalam satu tempat saja. Selain itu jangan lupa memberikan silica gel sebagai pengatur kelembapannya.

Ketika sepatu basah terkena air hujan, usahakan taruh ditempat terbuka. Di tempat terbuka sepatu akan mendapatkan angin, sehingga mencegah terjadinya bau yang timbul. Namun Anda perlu memperhatikan juga kondisi sepatu yang kering terlebih dahulu sebelum meletakkannya di tempat yang terbuka.

Menyemprotkan alkohol cair ke dalam sepatu Anda. Alkohol memang tidak bisa membunuh tetapi hanya melumpuhkan agar bebas dari kuman atau bakteri. Bagi Anda yang memiliki larutan alkohol dengan persentase 70 persen bisa disemprotkan ke dalam sepatu Anda. Salah satu penyebab bau pada sepatu adalah adanya bakteri yang menempel. Oleh sebab itu cara ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghilangkan bau pada sepatu yang bisa Anda lakukan. Cukup mudah bukan? Yang terpenting adalah menjaga kebersihan kaki dan juga kondisi sepatu. Baca juga Cara merawat sepatu kulit.

Loading...