Cara Menghilangkan Bau Kaki Akibat Keringat

By Categories : Tips

Bau kaki sama halnya dengan bau badan yang dapat menimpa siapa saja. Bahkan orang yang memiliki bau kaki kadang tidak menyadari  hal tersebut. Tentunya hal tersebut akan sangat mengganggu kenyamanan, terutama pada saaat kita berinteraksi dengan orang lain. Bau kaki memang tak dapat dihindarkan mengingat hal tersebut ditimbulkan oleh berbagai faktor pemicu. Kaki kita bisa mengeluarkan bau tak sedap karena banyak berkeringat dan lembab. Hal ini terjadi karena produksi keringat yang berlebihan atau sering disebut hiperhidrosis. Karena pada kaki terdapat sekitar 250ribu kelenjar keringat yang bisa menghasilkan 570ml keringat pada setiap harinya. Nah jika bakteri serta keringat bertemu dan bercampur,, maka akan memproduksi Isovaleric acid yaitu salah satu zat yang menghasilkan bau yang tidak sedap. Sehingga sebaiknya anda melakukan perawatan yang tepat terhadap kaki anda, karena jika perawatan yang anda lakukan tidak tepat maka akan menimbulkan masalah bau kaki.Cara Menghilangkan Bau Kaki

Jika anda sudah terlanjur mengalami masalah bau kaki yang tidak sedap, jangan lekas berkecil hati karena kami akan berbagi tips cara mengatasi bau kaki yang disebabkan oleh keringat yang berlebih:

Yang pertama, tentunya anda harus senantiasa menjaga  kebersihan kaki anda. Bukan hanya kaki seluruh tubuh pun haruslah selalu dijaga kebersihannya karena kebersihan adalah awaal dari kesehatan tubuh anda. Cucilah kaki anda setiap hari dengan menggunakan sabun anti bakteri untuk mengurangi resiko infeksi kulit ringan, kutu air atau lecet. selain itu merendam kaki dalam air hangat yang dicampur dengan sabun anti bakteri juga bisa menjadi cara menghilangkan bau kaki yang tak sedap. setelah di rendam kemudian dibilas dengan air bersih.

Menjaga kebersihan kaki dengan cara memotong kuku, karena banyak orang yang tidak menyadari walaupun kuku sudah bersih, namun dibawah kkuku yang panjang terdapat banyak bakteri yang berkembang biak. Juka lingkungan mendukung maka pertumbuhan bakteri akan semakin cepat. Sehingga dengan memotong kuku pada kaki akan membantu mengurangi tempat dimana kuman bisa berkembang biak.

Yang kedua, perhatikanlah sepatu dan kaos kaki yang anda kenakan. Gunakan sepatu yang ada ventilasi udaranya. Serat sintetis pada sepatu menyebabkan timbunan keringat yang berlebih yang memudahkan tumbuhnya bakteri. Jangan membiasakan menggunakan sepatu dan kaos kaki yang sama setiap harinya. Ganti kaos kaki setiap harinya untuk mencegah timbulnya bau kaki yang tidak sedap. Pilihlah kaos kaki berbahan katun atau bahan yang bisa menyerap keringat.

Cara menghilangkan bau kaki secara alami juga dapat dilakukan dengan menggunakan cooling foot spray. Karena cooling foot spray membantu membuat kaki anda menjadi lebih segar dan membantu membunuh bakterhi yang menjadi penyebab timbulnya bau yang tidak sedap pada kaki.