Cara Menggunakan Internet Banking secara Aman

By Categories : Teknologi

Setelah pada pembahasan kemarin membahas mengenai apa saja keuntungan dari internet banking, pada pembahasan kali ini membahas mengenai cara menggunakan internet banking secara aman. Dengan adanya layanan tersebut membuat nasabah semakin mudah dalam melakukan transaksi keuangan selama terdapat koneksi internet.

Namun dengan kemudahan tersebut, nasabah tetap harus berhati-hati dan waspada untuk menghindari segala tindakan kejahatan di dunia maya. Saat ini banyak terjadi kasus tindakan kejahatan cyber yang perlu diwaspadai oleh para pengguna internet, termasuk dalam menggunakan layanan internet banking. Untuk menghindari hal tersebut, di bawah ini terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan internet banking secara aman.

Internet Banking

Berikut Cara Menggunakan Internet Banking secara Aman

Mengubah Password atau Kata Sandi secara Berkala

Cara menggunakan internet banking secara aman yang pertama adalah dengan mengubah password atau kata sandi secara berkala. Untuk proses pergantian password dapat dilakukan selama 1 atau 3 bulan sekali. Selain itu untuk password sebaiknya menggunakan kombinasi dari huruf dan angka, sehingga susah untuk dilacak oleh pihak tak bertanggung jawab.

Gunakan Antivirus Handal pada Komputer/Laptop Anda

Menggunakan antivirus sangat dianjurkan untuk menghindari virus dan malware masuk ke dalam perangkat yang Anda gunakan entah itu melalui komputer, laptop, ataupun gadget Anda. Seperti yang kita ketahui bahwa bahaya ketika virus, malware, dan sejenisnya sudah menginfeksi, beresiko pencurian data termasuk juga password akun yang kita gunakan. Oleh sebab itu jangan lupa untuk memasang antivirus ke dalam perangkat yang kita gunakan. Saat ini terdapat banyak antivirus berkualitas seperti Eset NOD, Avira, Avast, Norton, dan banyak lagi.

Pastikan Anda Log Out setelah Log In

Cara berikutnya adalah dengan memastikan Anda log out (keluar) setelah log in (masuk). Langkah ini bertujuan agar menghindari tindakan kejahatan seperti hacking. Selain itu jangan lupa untuk membersihkan cache dengan menggunakan aplikasi seperti Ccleaner yang dapat membersihkan history dari browser. Dengan begitu aktivitas yang Anda lakukan selama mengakses internet banking melalui browser dan situs resmi bank yang bersangkutan dapat bersih dan tak meninggalkan jejak.

Jangan Gunakan Komputer Umum

Saat mengakses atau masuk ke dalam internet banking yang Anda miliki, usahakan jangan menggunakan komputer yang digunakan secara umum seperti warnet. Hal ini juga bertujuan agar menghindari kasus pembajakan. Untuk itu gunakan komputer secara pribadi untuk lebih amannya. Apalagi komputer warnet biasanya banyak yang terinfeksi oleh virus akibat dari antivirus jarang diupdate, USB pengguna yang terus bergantian, mengunjungi situs sembarangan, dan banyak lagi.

Jangan Klik Link Sembarangan

Cara menggunakan internet banking secara aman berikutnya adalah jangan klik link sembarangan. Ketika muncul link secara tiba-tiba saat akses internet, sebaiknya jangan sembarangan meng-klik link tersebut. Hal tersebut dapat beresiko tindakan kejahatan yang dilakukan dengan mengirimkan link tidak jelas. Selain itu waspada terhadap email yang juga tidak jelas siapa yang mengirimnya yang dapat memicu pencurian data.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai cara menggunakan internet banking secara aman yang bisa Anda ketahui.