Cara Mengeriting Rambut Tanpa Alat Catok

By Categories : Wanita

Rambut lurus menjadi pilihan banyak wanita, namun selain rambut lurus adapula yang menginginkan rambut keriting. Untuk memiliki rambut keriting diperlukan beberapa cara yang perlu dilakukan. Setelah pada pembahasan kemarin membahas mengenai beberapa cara meluruskan rambut secara alami, pada pembahasan kali ini membahas mengenai beberapa cara mengeriting rambut dengan alternatif selain catok.

Menggunakan alat catok tentu memiliki efek seperti rambut dapat mudah rusak akibat dari panas yang dihasilkan. Hal tersebut tentunya sangat tak diinginkan sebagian wanita, terlebih lagi wanita tidak menginginkan rambut kering dan mudah rusak.

Cara Mengeriting Rambut Tanpa Alat Catok

Nah terdapat beberapa cara alternatif lainnya yang bisa diaplikasikan untuk mengeriting rambut. Lalu bagaimana saja cara mengeriting rambut tanpa alat catok? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Cara Mengeriting Rambut Tanpa Alat Catok

Menggunakan Rol Rambut

Cara mengeriting rambut tanpa alat catok yang pertama adalah dengan menggunakan rol rambut. Rol rambut menjadi pilihan kebanyakan wanita yang sering digunakan untuk membentuk rambut menjadi bergelombang. Rol rambut dapat mudah ditemukan di toko-toko kecantikan. Untuk ukuran rol rambut dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk ukuran rol kecil dapat membuat rambut menjadi keriting kecil-kecil.

Sementara untuk rol yang berukuran lebih besar dapat menghasilkan rambut keriting agak besar. Perlu diketahui juga sebelum menggunakan rol rambut pastikan terlebih dahulu Anda sudah keramas menggunakan shampoo, conditioner serta keringkan dengan handuk yang lembut dan sisir rapi. Barulah gunakan rol dengan ukuran yang disesuaikan dengan keinginan Anda.

Kepang Rambut

Ingin cara yang tidak kalah mudah dengan cara di atas yakni dengan mengepang rambut untuk menghasilkan rambut keriting ikal alami. Untuk cara kepang rambut tentu sebagian besar wanita sudah mengetahui caranya. Kepang rambut menjadi dua atau bisa menjadi beberapa bagian. Semakin kencang hasil kepangan rambut maka hasil ikal rambut juga semakin terlihat jelas. Diamkan beberapa jam, setelah itu barulah membuka kepangan rambut secara perlahan dengan menggunakan jari Anda.

Cepol Rambut

Cara mengeriting rambut berikutnya adalah dengan cepol rambut. Untuk melakukan cara ini sebaiknya cuci rambut sampai bersih kemudian keringkan dengan handuk lembut. Untuk cara ini hampir sama dengan cara di atas, yakni dengan membagi rambut menjadi dua terlebih dahulu. Lalu gelung rambut dengan cara melintir bagian rambut yang telah dibagi menjadi dua dengan menggunakan karet rambut. Diamkan rambut beberapa jam atau Anda juga bisa tidur dulu. Setelah bangun barulah lepaskan ikat khusus rambut, maka jadilah rambut keriting bergelombang alami.

Headband

Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan headband guna membentuk rambut menjadi keriting bergelombang dengan mudah. Untuk pemilihan headband usahakan yang lebih lembut dan elastis agar dapat mengelilingi kepala. Lilitkan rambut bando serta gunakan pin agar lilitan tersebut semakin kencang. Setelah melilitkan semua rambut pada headband, Anda dapat membiarkannya semalaman. Barulah setelah pagi hari lepaskan pin dan headband untuk mendapatkan hasil rambut keriting bergelombang secara alami.

Selain cara di atas, Anda juga dapat menggunakan bahan alami. Mengeriting rambut dengan bahan alami lebih aman dibandingkan dengan bahan kimia. ada beberapa bahan alami yang bisa Anda coba, antara lain:

  • Alpukat

Daging buah alpukat mengandung protein tinggi yang tidak hanya baik untuk tubuh, melainkan juga bagus untuk Anda yang ingin memiliki rambut keriting alami. Caranya adalah Anda cukup ambil daging buah alpukat yang masih segar dan campurkan minyak zaitun. Aduk hingga rata dan oleskan pada rambut kemudian tutup rambut dengan handuk atau bisa menggunakan shower cuo selama 1 jam. Jika dirasa cukup Anda dapat membilas dengan air bersih.

  • Minyak zaitun

Cara mengeriting rambut dengan bahan alami lainnya adalah menggunakan minyak zaitun. Caranya cukup mudah, yaitu oleskan minyak zaitun pada rambut dan pijat-pijat  secara lembut dan perlahan. Agar lebih maksimal, setelah dipijat Anda dapat menggunakan handuk yang diolesi minyak zaitun kemudian diamkan selama 1 jam sebelum dibilas.

  • Madu

Madu dapat digunakan sebagai cara mengeriting rambut secara alami. Caranya yaitu campurkan madu dengan minyak zaitun dengan perbandingan 3:1 dan oleskan pada rambut Anda. Setelah itu Anda tutup dengan handuk hangat selama 1 jam dan bilas degan air bersih.

Demikianlah tadi beberapa cara mengeriting rambut tanpa alat catok yang bisa Anda coba.

terms: cara membuat rambut keriting gantung alami tanpa alat, cara mengeritingkan rambut bagian bawah, cara cepol rambut agar curly, cara curly rambut tanpa alat, yhsm-plushome_001