Cara Mengembalikan Bentuk Tubuh Setelah Melahirkan

By Categories : Kesehatan

Cara mengembalikan bentuk tubuh agar kembali langsing setelah melahirkan merupakan salah satu hal yang paling banyak ditanyakan oleh para kaum hawa, terutama bagi mereka baru saja melahirkan buat hati. Nah apakah Anda sedang mencari tahu tentang hal uang satu ini? jika iya, simak ulasan berikut ini. Karena kali ini akan membahas mengenai hal tersebut.

Seperti yang kita ketahui saat hamil tubuh memang mengalami perubahan yang sangat signifikan. Salah satunya yaitu perut. Bekas perut yang mengembang tidak akan hilang dalam waktu dekat. Oleh karena itu kita harus melakukan serangkaian cara untuk mengembalikan bentuk tubuh agar kembali langsing dan menarik.

Meskipun harus menyusui, bukan berarti Anda tak perlu olahraga. Setelah melahirkan olahraga sangat penting dilakukan agar bentuk tubuh Anda tetap ideal dan proporsional. Walaupun Anda ingin memiliki bentuk tubuh ideal, namun Anda tetap tidak disarankan utuk diet ketat, karena hal tersebut dapat mempengaruhi ASI. Konsumsi juga makanan yang cukup dan seimbang seperti karbohidrat kompleks,  buah-buahan, sayuran serta melakukan olahraga setidaknya 30 menit dalam setiap harinya.

Lalu olahraga apa yang cocok dilakukan setelah melahirkan? Berikut ulasannya.cara-mengembalikan-bentuk-tubuh-setelah-melahirkan

Latihan untuk Mengembalikan Bentuk Tubuh Setelah Melahirkan

Latihan Pinggang, Pinggul dan Bokong

Untuk membentuk pinggang, bokong dan pinggul Anda bisa melakukan latihan-latihan ringan seperti berbaring dengan lutut tertekuk dan tangan terentang ke samping. Pastikan  kaki serta bahu lurus dan lutut rapat, lalu putar pinggang dan ayunkan kedua lutut hingga menyentuh lantai di kiri Anda sedangkan pinggul kanan arahkan ke langit-langit.

Ulangi latihan tersebut beberapa kali secara bergantian. Latihan tersebut berguna untuk mengencangkan otot-otot dasar panggul dan membantu peredaran darah di kaki. Latihan tersebut juga dapat Anda lakukan ketika duduk memangku bayi atau ketika sedang tiduran di tempat tidur.

Baca juga cara mudah mengatasi BAB setelah melahirkan

Latihan Dada

Untuk latihan yang kedua adalah latihan dada. Perlu diketahui bahwa kehamilan membuat payudara Anda mengendur. Namun ketika Anda rutin berolahraga, maka olahraga tersebut dapat memperkuat otot-ototnya, meningkatkan sirkulasi dan menaikkan produksi ASI. Selain itu, Anda juga harus memilih bra yang baik. sebab bra yang baik akan membuat payudara Anda tidak turun karena beratnya bertambah.

Beberapa latihan dada yang bisa dilakukan yang pertama adalah berdiri atau duduk tegak. Caranya, kedua tangan saling berpegangan, angkat siku sejajar dengan bahu, pegang tangan dengan erat-erat dan dorong jauh-jauh secara bersamaan. Ulangi beberapa kali.

Cara yang kedua adalah dengan cara meletakkan tangan di belakang punggung lalu angkat sehingga sejajar dengan kepala. Sangat mudah kan caranya?

Latihan Otot Perut

Cara mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan melakukan latihan otot perut. Latihan otot perut berguna untuk mengencangkan perut setelah melahirkan. Akan tetapi Anda bisa melakukan latihan ini beberapa bulan setelah persalinan. Sebab jika Anda memaksakannya, dikhawatirkan dapat menyebabkan regangan otot di punggung atau perut Anda. sama seperti latihan otot dada. Latihan otot perut sangat beragam.

Cara yang pertama adalah dengan berbaring. Yaitu berbaringlah dengan lutut tertekuk, telapak kaki merapat ke lantai lalu letakkan jari-jari tangan Anda pada perut. Kemudian angkat kepala dan bahu sambil merasakan otot-otot di bawah tangan Anda. jika semuanya terasa kencang maka artinya baik namun jika ada rekahan atau alur segeralah berolahraga mengencangkan otot-otot perut Anda.

Cara yang kedua pun sama, berbaringlah di atas matras lalu letakkan tangan di tengah perut. Tarik napas dan rasakan perut Anda terangkat. Lalu hembuskan napas sambil tarim perut Anda kuat-kuat untuk membuang napas sebanyak mungkin.

Berikutnya adalah adalah dengan berbaring dengan posisi yang sama, dan silangkan tangan Anda di atas perut, tangan kiri di pinggul kanan dan sebaliknya. Tarik tangan lalu angkat kepala dan bahu Anda. Ulangi latihan ini sepuluh kali, dua kali sehari.

Setiap hari perlu Anda periksa apakan rekahan di bagian perut itu telah menyempit. Jangan angkat kedua kaki secara bersamaan karena dapat menyebabkan sakit pinggang atau menyelipkan kaki di bawah perabot untuk sit up dengan kaki lurus. Lakukanlah semua latihan diatas dengan gerakan lembut, teratur, dan tanpa menimbulkan nyeri.

Baca juga tips langsing setelah melahirkan

Nah itulah beberapa cara mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan yang bisa Anda coba.

loading...