Cara Mengatur Keuangan Saat Lebaran

By Categories : Tips

Ketika lebaran tiba, masyarakat Indonesia tepatnya umat muslim ramai-ramai merayakan dengan berbelanja pakaian maupun hidangan makanan sebelum hari H tiba. Hal ini sudah menjadi tradisi dan kebutuhan sejak lama bagi masyarakat Indonesia. Namun perlu diperhatikan juga masalah keuangan ketika lebaran tiba. Faktor keuangan sebaiknya jangan dianggap sepele terlebih bagi mereka yang sudah berkeluarga. Untuk itu berikut ini terdapat beberapa cara mengatur keuangan ketika lebaran tiba.

Cara Mengatur Keuangan Saat Lebaran

Berikut Cara Mengatur Keuangan saat Lebaran

Menyusun Anggaran

Agar pengeluaran lebih terkontrol pada saat lebaran tiba, sebaiknya menyusun anggaran perlu dilakukan. Perlu Anda ketahui anggaran dalam kebutuhan masing-masing berbeda. Untuk itu sebaiknya susun anggaran satu per satu misal untuk anggaran belanja pada saat lebaran, untuk anggaran biaya zakat, untuk belanja kebutuhan puasa, dan banyak lagi. Dengan adanya susunan anggaran ini, bisa menjadi cara sederhana mengatur keuangan rumah tangga. Anda akan lebih mudah mengontrol keuangan dengan baik tepatnya di saat lebaran tiba.

Lebih Bijak Ketika Berbelanja

Cara mengatur keuangan saat lebaran yang kedua adalah lebih bijak ketika berbelanja. Ketika seseorang berbelanja tanpa adanya daftar belanjaan, mereka lebih leluasa memilih barang belanjaan yang kiranya kurang dibutuhkan dan diluar perkiraan. Padahal cara tersebut justru menyebabkan pengeluaran dapat membengkak. Untuk memiliki keuangan yang baik sebaiknya bersikap lebih bijak saat berbelanja dengan membuat daftar belanjaan terlebih dulu. Dengan cara ini keuangan akan lebih terkontrol dengan baik.

Membandingkan Harga

Membanding-bandingkan harga dapat dilakukan untuk mengatur keuangan di saat lebaran tiba. Setiap orang tentu lebih memilih harga yang lebih murah dengan kualitas sama dibandingkan dengan kualitas sama tetapi harga lebih mahal. Untuk itu ketika Anda akan belanja segala kebutuhan saat lebaran, sebaiknya Anda memilih toko mana yang akan dituju. Selain itu biasanya ketika menjelang lebaran terdapat banyak barang yang memilki diskon. Manfaatkan promo tersebut, meskipun potongan harga yang diberikan tidak terlalu besar. Tips belanja hemat ini dapat Anda terapkan setiap hari dan tidak hanya saat menjeang lebaran saja.

Menabung untuk Hari Raya

Berikutnya adalah dengan cara menabung untuk segala keperluan hari raya. Meyiapkan tabungan khusus jauh hari untuk segala keperluan di hari raya menjadi alternatif yang cerdas. Dengan adanya tabungan khusus ini, maka alur pengeluaran tidak terganggu dan Anda pun lebih siap untuk menyiapkan segala sesuatunya. Perlu diingat dengan cara ini maka Anda telah siap dengan segala pengeluaran lebih di saat lebaran tiba.

Membuang Rasa Gengsi

Yang terakhir adalah dengan cara membuang rasa gengsi. Ketika mengikuti rasa gengsi sama saja dengan memaksakan kehendak yang belum tentu bisa dilakukan. Oleh sebab itu bagi Anda yang tidak ingin memiliki pengeluaan biaya yang terlalu besar, sebaiknya cukup dengan merayakan lebaran dengan apa yang mampu Anda lakukan seperti membeli pakaian baru, atau hal lainnya yang kiranya tidak berlebihan.

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai 5 cara mengatur keuangan saat lebaran.

terms: Cara atur uang buat puasa n lebaran, cara mengatur uang saat lebaran, mengatur keuangan menjelang lebaran, tips atur uang saat lebaran, tips mengatur keuangan saat lebaran