Cara Mengatasi Tidur Ngorok Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Cara mengatasi tidur ngorok sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, bahkan Anda dapat menggunakan cara alami dengan menghilangkan kebiasaan buruk sehari-hari. Kebiasaan ngorok atau mendengkur ketika tidur yang sering Anda lakukan tentu akan mengganggu teman atau pasangan yang tidur bersama Anda. Hal ini membuat mereka sering terbangun di tengah malam atau sulit untuk tidur kembali akibat suara dengkuran yang cukup mengganggu.

Selain mengganggu tidur, kebiasaan ngorok atau mendengkur ternyata juga berbahaya bagi kesehatan. Ini karena dengkuran yang disertai dengan keadaan apnea terjadi masalah yang disebabkan karena adanya penyumbatan aliran udara pada hidung dan mulut ketika tidur. Penyumbatan tersebut biasanya terjadi akibat amandel, adenoid, atau mengendurnya otot di belakang mulut.

Apnea tersebut menyebabkan pernafasan Anda menjadi terganggu, bahkan jika sudah parah dapat menyebabkan napas terhenti sementara. Jika kondisi ini berlangsung lama maka dapat menyebabkan kadar oksigen di dalam darah menurun serta denyut nadi menjadi tidak teratur. Untuk itu Anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi tidur ngorok demi menjaga kesehatan Anda.

Penyebab tidur ngorok atau mendengkur terjadi karena beberapa faktor, antara lain berat badan berlebih, faktor usia, mengonsumsi alkohol, posisi tidur yang salah, dan masalah yang terjadi pada hidung seperti sinus dan radang amandel. Pada umumnya, masalah mendengkur atau ngorok itu sering dialami oleh para pria, dengan prosentase 80% pada pria dan 20% pada wanita.

Cara Mengatasi Tidur Ngorok dengan Mudah

ngorok

Seseorang yang memiliki lingkar leher berukuran sekitar 40 cm akan cenderung mendengkur atau ngorok ketika tidur. Untuk mengatasi masalah tidur ini, perhatikan beberapa tips berikut yang bisa Anda lakukan di rumah.

Atur Posisi Tidur

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa salah satu penyebab seseorang mendengkur atau ngorok adalah karena posisi tidur yang salah. Bisanya orang yang tidur telentang akan mudah sekali mendengkur. Ketika tidur telentang, lidah akan masuk ke dinding pada bagian belakang tenggorokan sehingga menyebabkan saluran udara sedikit tersumbat. Inilah yang menyebabkan munculnya getaran dan bunyi dengkuran.

Hal ini juga berlaku untuk tidur tengkurap. Posisi ini dapat menyebabkan perut dan leher tertekan sehingga menyebabkan aliran udara sulit mengalir. Untuk itu bagi Anda yang terbiasa tidur ngorok disarankan untuk mengubah posisi tidur menjadi posisi miring, terutama miring ke sebelah kanan. Posisi ii dapat melancarkan pernafasan serta kesehatan jantung.

Diet

Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih maka disarankan untuk melakukan diet. Cara mengatasi tidur ngorok seperti ini terbukti cukup efektif dan baik untuk kesehatan. Orang yang memiliki tubuh gemuk bisanya terdapat lipatan lemak pada leher yang menyebabkan terjadinya penyempitan diameter tenggorokan serta menghalangi aliran udara di bagian tersebut. Untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur maka mulailah melakukan program diet untuk menurunkan berat badan. Selain dapat mengatasi ngorok, diet juga baik untuk kesehatan organ tubuh lainnya seperti jantung.

Hindari Mengonsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol dalam jangka waktu lama juga menjadi penyebab seseorang mendengkur ketika tidur. Selain itu kebiasaan ini juga tidak baik untuk kesehatan. Alkohol dan obat penenang dapat menyebabkan relaksasi tidak baik yang menyebabkan otot dan saraf di bagian belakang tenggorokan berada dalam kondisi rileks sehingga bagian tersebut tidak dapat bekerja secara optimal. Inilah yang menyebabkan suara dengkuran ketika tidur.

Sebagai cara mengatasi tidur ngorok akibat penyebab tersebut maka Anda harus menghentikan kebiasaan mengonsumsi alkohol atupun obat penenang, terutama ketika akan tidur. Jika Anda terpaksa harus mengonsumsi obat maka disarankan untuk memberikan jeda sekitar 3-4 jam.

Mandi Menggunakan Air Hangat

Ketika tubuh Anda dapat kondisi tidak fit atau kelelahan maka proses pertukaran udara di saluran pernafasan menjadi terhambat. Untuk itu, Anda disarankan mandi menggunakan air hangat agar saluran pernafasan Anda kembali normal. Selain itu, Jika Anda mengalami influensa maka harus secara rutin membersihkan hidung ketika flu untuk menghindari ngorok ketika tidur.

Berhenti Merokok

Menghindari rokok adalah cara terbaik untuk mengatasi tidur mendengkur. Bagi yang sering merokok maka akan terjadi iritasi di bagian selaput lendir saluran pernafasan, ha ini kemudian dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan di bagian tersebut serta meningkatkan produksi lendir. Produksi lendir yang berlebihan dapat menyebabkan penyumbatan di saluran pernafasan yang mengakibatkan Anda ngorok ketika tidur.

Relaksasi Sebelum Tidur

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan malakukan rileksasi sebelum Anda tidur. Anda dapat mendengarkan musik dengan irama yang dapat menenangkan pikiran seperti musik klasik, atau Anda juga dapat menambahkan aroma terapi pada kamar tidur Anda. Selain dapat mengurangi dengkuran, cara tersebut juga dapat membuat Anda tidur lebih pulas.

baca juga : inilah penyebab susah tidur

Itulah beberapa cara mengatasi tidur ngorok yang dapat Anda lakukan di rumah.