Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Tahukah Anda apa itu tekanan darah tinggi atau hipertensi? Hipertensi merupakan tekanan darah yang di atas rata-rata yaitu melebihi 140/90 mmHg. Jika hal ini diabaikan dan tidak segera ditangani, hipertensi dapat memicu penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung, stroke, gagal jantung dan juga penyakit arteri perifer. Salah satu gejala yang sering dirasakan oleh penderita hipertensi adalah sakit kepala, mudah lelah, vertigo, penglihatan kabur, mimisan dan juga jantung berdebar-debar. Baca juga makanan bagi kesehatan jantung. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, jarang berolahraga, obesitas dan juga sering mengonsumsi garam yang berlebih. Lantas bagaimana caea mengatasinya? Berikut adalah penjelasan cara mengatasi tekanan darah tinggi secara alami.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Cara  mengatasi tekanan darah tinggi secara alami

Jus seledri

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan jus seledri. Seledri merupakan salah satu sayuran yang dipercaya untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Ini karena kandungan mineral, kalium, antioksidan dan juga didukung oleh senyawa 3 n butil phitalide yang ada pada seledri dipercaya dapat meregangkan otot dinding arteri. Sehingga hal ini dapat membantu melancarkan sirkulasi aliran darah ke seluruh tubuh. Untuk menggunakan seledri, Anda dapat mengonsumsinya sebagai jus setiap hari secara rutin.

Mengkudu

Cara yang kedua adalah dengan cara menggunakan buah mengkudu. Buah mengkudu tidak diminati banyak orang karena memiliki bau dan juga rasa yang tidak enak. Namun jangan salah, buah ini adalah salah satu buah yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa memakannya secara langsung atau juga bisa dibuat jus mengkudu. Minumlah jus mengkudu setiap hari karena buah ini tak hanya dapat menurunkan tekanan darah tinggi, buah mengkudu  juga  dapat mengatasi diabetes dan sangat cocok dikonsumsi oleh seseorang yang menderita kencing manis atau diabetes. Baca juga makanan yang harus dihindari penderita diabetes.

Bawang putih

Tak hanya digunakan untuk bumbu dapur saja, bawang putih ternyata juga ampuh untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Ini karena kandungan zat alisin yang terkandung pada bawang putih dapat menghindari proses pembekuan darah, melebarkan pembuluh darah dan juga menghancurkan lemak  menumpuk yang dapat menyebabkan kolesterol. Untuk menggunakannya Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau meminum sari bawang putih tersebut. Caranya, ambil 3 siung bawang putih kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan dengan air kemudian peras. Minumlah air perasan tersebut 3 kali dalam sehari secara teratur.

Mengonsumsi buah dan sayur

Selanjutnya adalah mengonsumsi buah dan sayur. Anda dapat mengonsumsi sayur hijau dan buah yang memiliki kalium yang tinggi. Karena kalium yang Anda konsumsi dapat membuang kadar garam yang berlebih dan juga dapat menstabilkan tekanan darah dalam tubuh Anda.

Nah itulah cara mengatasi tekanan darah tinggi secara alami. Selain cara di atas, Anda juga harus mengurangi asupan garam, berolahraga secara teratur, minum air putih dan periksakan tekanan darah Anda ke dokter untuk mengetahuinya.