Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Pernahkah Anda mengalami sembelit? Hampir setiap orang pernah mengalami hal ini. Sembelit merupakan suatu kondisi dimana buang air besar lebih jarang dari biasanya ini karena feses atau tinja mengering. Sehingga feses tersebut akhirnya mengeras dan susah untuk dikeluarkan. Jika dipaksakan hal ini tentu saja dapat menimbulkan rasa sakit saat buang air besar.

Mengatasi Sembelit Secara Alami

Sembelit atau konstipasi dapat disebabkan oleh beberapa macam, baik berupa penyakit ataupun karena pola dan gaya hidup yang tidak sehat. Jika tidak segera diatasi, sembelit  yang berlangsung lama akan semakin parah dan dapat menimbulkan penyakit lain, seperti wasir, rektum prolaps, robeknya anus dan lainnya. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah cara mengatasi sembelit secara alami.

Tips mengatasi konstipasi secara alami

Konsumsi serat

Salah satu penyebab sembelit adalah kita kurang mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Serat sendiri berfungsi untuk menjaga kesehatan usus, salah satunya yaitu untuk melancarkan penceraan. Beberapa makanan kaya serat yang dapat Anda konsumsi antara lain, buah-buahan, sayuran, roti, gandum dan lainnya.

Minum air putih

Yang kedua adalah dengan cara minuma air putih secara teratur. Dalam sehari pastikan Anda minum air putih 8 gelas atau setara dengan 2 liter. Air putih sangat berguna untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh serta dapat mengeluarkan racun atau toksin yang ada di dalam tubuh. Tak hanya dapat menyebabkan sembelit, kurang air putih juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Olahraga rutin

Cara mengatasi sembelit selanjutnya adalah dengan berolahraga secara rutin. percaya atau tidak jika berolahraga secara teratur mampu menyehatkan pencernaan? Hal ini dikarenakan dengan berolahraga tubuh akan bergerak secara maksimal tak terkecuali dengan sistem pencernaan. Tak harus olahraga berat, Anda pun bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda ataupun berenang untuk menjaga kesehatan tubuh.

Hindari makanan cepat saji

Makanan cepat saji atau fast food saat ini memang sudah terkenal dan diminati banyak orang. Selain enak makanan ini juga sangat praktis. Akan tetapi sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji. Karena pada umumnya makanan tersebut tidak dapat dicerna usus secara sempurna. Sehingga hal ini dapat menyebabkan sembelit.

Hindari produk olahan  susu

Produk olahan susu seperti keju dan susu kaya akan laktosa yang memiliki sifat sensitif bagi beberapa orang. Seseorang yang sensitif terhadap laktosa biasanya akan mengalami perut kembung dan juga sembelit setelah mengonumsinya. Oleh karena itu, jika Anda memiliki sensitif terhadap produk olahan susu tersebut sebaiknya Anda menghindarinya. Namun Anda masih bisa mengonsumsi produk olahan susu lainnya seperti yoghurt. Karena yoghurt kaya akan probiotik yang berguna untuk mengatasi sembelit yang diderita.

Nah itulah beberapa cara mengatai sembelit secara alami yang dapat Anda coba.