Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

By Categories : Kesehatan

Bagi pasangan suatu istri hamil adalah hal yang paling istimewa dan membahagiakan. Oleh karena itu para ibu hamil juga harus menjaga kesehatan mereka. Selain mual-mual atau morning sickness, masalah yang sering dialami adalah sakit pinggang saat hamil. Jika tidak segera diatasi sakit pinggang tentu saja mengganggu aktivitas ibu hamil. Lalu apa yang menyebabkan hal ini? Sakit pinggang ketika hamil disebabkan karena pembesaran perut akibat kehamilan yang terus berkembang. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah cara mengatasi sakit pinggang saat hamil.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Cara ampuh mengatasi sakit pinggang pada ibu hamil

Melakukan sikap tubuh yang baik

Cara yang pertama adalah melakukan dan berlatih sikap tubuh yang baik. Seperti yang Anda ketahui janin akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan dalam setiap harinya. Tentu saja, beban dan gravitasi tubuh Anda akan berpindah ke depan. Agar Anda tidak terjatuh karena beban tersebut Anda bisa melakukan sikap tubuh yang baik, seperti jika bekerja dengan posisi banyak berdiri sebaiknya pertahankan posisi tegak, punggung lurus dan sejajar dengan bahu. Hindari tubuh membungkuk. Sedangkan jika Anda bekerja lebih banyak duduk, pastikan tulang punggung Anda sejajar dengan sandaran kursi dengan kedua telapak kaki menempel pada lantai.

Menggunakan pakaian yang tepat

Menggunakan pakaian yang tepat serta sepatu  hak rendah juga dapat membuat ibu hamil terhindar dari sakit pinggang. Tak hanya itu saja, ibu hamil sebaiknya juga menggunakan celana khusus inu hamil dan ikat pinggang. Beberapa wanita hamil menyatakan bahwa hal tersebut sangat menolong ketika mereka sedang bekerja ataupun sedang bepergian.

Tidur dengan posisi menyamping

Cara mengatasi sakit pinggang saat hamil selanjutnya adalah tidur dengan posisi menyamping. Hindari posisi tidur telentang dengan menggunakan punggung Anda. ketika tidur menyamping, pastikan salah satu ataupun kedua lutut tertekuk. Tak hanya itu saja, Anda juga harus menempatkan satu bantal diantara lutut tersebut atau bagian tubuh lainnya di bawah perut. Cara ini sangat efektif untuk membantu posisi tidur Anda.

Baca juga inilah ciri-ciri hamil anak laki-laki

Senam ringan

Berikutnya adalah dengan cara melakukan senam ringan untuk relaksasi. Mulailah untuk melakukan relaksasai otot-otot leher, pinggang dan punggung pada saat jam istirahat ataupun pada saat di rumah. Cara melakukan relaksasi pun mudah, yaitu tarik nafas panjang dalam-dalam lalu hembuskan secara perlahan melalui mulut. Lakukan relaksasi ini setiap keluhan nyeri ataupun sakit pinggang itu muncul.

Mengangkat benda dengan posisi yang tepat

Bila ibu hamil akan mengambil sesuatu barang yang ada di lantai, ibu hamil harus melakukan gerakan membungkuk. Ketika mengambil barang tersebut jangan menekuknya di bagian pinggang atau angkat dengan punggung Anda. Pastikan saat berdiri lakukan dengan hati-hati agar keseimbangan tetap terjaga. Penting pula untuk mengetahui batas kesanggupan Anda. jika tidak sanggup, cobalah untuk meminta bantuan orang lain.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi sakit pinggang saat hamil.

Baca juga  gerakan senam ibu hamil untuk melancarkan persalinan.