Cara Mengatasi Rasa Kantuk saat Bekerja

By Categories : Tips

Mengantuk merupakan hal yang wajar dan terjadi pada setiap orang. Mengantuk merupakan efek tubuh yang disebabkan karena kelelahan fisik, atau juga kurang tidur. Untuk istirahat atau tidur yang baik selama sehari atau dalam kurun waktu 24 jam adalah 8 jam sehari. Dengan istirahat selama 8 jam sehari, maka tubuh secara otomatis tidak mengalami kelelahan berlebihan yang justru memicu banyak penyakit.

Namun bagaimana jika rasa kantuk tiba-tiba muncul saat bekerja di kantor? Rasa kantuk timbul saat di kantor, merupakan hal yang tentu pernah di alami setiap orang yang bekerja. Hal tersebut tentu akan sangat mengganggu, karena dapat mengurangi keefektifitasan dalam bekerja. Mengantuk di termpat kerja tidak hanya disebabkan karena kurang tidur dan kelelahan tetapi juga bisa disebabkan karena rasa bosan. Sebenarnya terdapat banyak cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Bagi Anda yang ingin mengetahuinya, berikut ini adalah cara mengatasi rasa kantuk saat bekerja.

Cara Mengatasi Rasa Kantuk saat Bekerja

Cara Mengatasi Rasa Kantuk saat Bekerja

Dengan Minum Air Putih

Cara mengatasi kantuk yang satu ini memang cukup ampuh. Kekurangan air putih dapat menyebabkan tingkat konsentrasi menurun, akibatnya pandangan menjadi kacau dan menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi itulah yang menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya rasa kantuk dan juga lelah pada tubuh. Oleh sebab itu minum air putih menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi rasa kantuk, ketika Anda sedang berada di kantor. Minum air putih yang baik adalah minimal 8 gelas sehari.

Mengambil Nafas Dalam

Dengan mengambil nafas dalam-dalam akan memberikan asupan oksigen ke dalam tubuh secara optimal. Dengan bernafas dalam-dalam maka ototmatis pikiran menjadi lebih rileks dan tenang. Hal tersebut bermanfaat untuk membuat Anda lebih fokus dalam bekerja dan menghindarkan rasa kantuk yang timbul. Baca juga Manfaat Buah Pir untuk Wajah

Minum Teh atau Kopi

Banyak orang mengatasi rasa kantuk dengan mengandalkan minum kopi. Hal tersebut memang benar adanya dengan minum kopi rasa kantuk dapat teratasi. Namun pastikan jangan terlalu sering minum kopi, karena jika terlalu sering kopi dapat membuat ketagihan. Anda dapat memvariasinya dengan minum teh herbal atau teh biasa. Pada umumnya minum kopi atau teh yang baik dalam sehari adalah 2 sampai 3 gelas dalam sehari. Kelebihan dari teh herbal adalah mampu memberikan efek lebih ringan dibandingkan dengan minum kopi sehingga meminimalisir efek ketagihan. Teh juga mengandung sejumlah kafein namun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak tetapi cukup untuk membuat kita lebih terjaga untuk sekitar setengah jam kedepan.

Menghindari Begadang

Begadang merupakan kegiatan yang memiliki efek negatif bagi tubuh. Dengan begadang biasanya akan mengurangi waktu tidur di malam hari. Hal ini tentu dapat menyebabkan waktu tidur berkurang, akibatnya dapat menyebabkan rasa kantuk yang berlebih di pagi harinya. Kebiasaan begadang sering dilakukan oleh mereka yang umurnya masih muda terutama para mahasiswa dan sayangnya kebiasaan ini bisa diteruskan hingga mereka berkerja.

Nah bagi Anda yang sering begadang di malam hari, tentu akan mengantuk ketika bekerja. Untuk mengatasinya usahakan untuk tidak begadang sampai larut malam, dan menghindari minum kopi menjelang tidur. Caranya adalah dengan menggeser jam bangun pagi menjadi lebih awal sehingga otomatis jam tidur juga lebih awal, misalnya kalau biasanya bangun jam 6 pagi maka usahakan agar bangun pukul lima pagi. Kalau anda disiplin biasanya jam tidur akan bergeser dengan sendirinya menjadi lebih awal, misalnya kalau biasa tidur jam 11 malam maka jam 10 malam sudah mengantuk.

Mendengarkan Musik dan Menurunkan Suhu

Yang satu ini dapat Anda lakukan untuk mengatasi rasa kantuk yang timbul saat bekerja. Mendengarkan musik menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan. Jika dengan mendengarkan musik dapat mengatasi rasa kantuk Anda, maka lakukanlah langkah tersebut. Namun yang perlu diingat tetap menyelesaikan pekerjaan Anda. Selain mendengarkan musik, menurunkan suhu AC yang paling dingin. Karena dengan kedinginan biasanya rasa kantuk akan sendirinya menghilang akibat tubuh menggigil.

Bergerak

Mengantuk bisa jadi tanda bahwa metabolisme anda menurun, sering terjadi pada pegawai kantor yang berkerja di belakang meja dalam waktu lama. Duduk dalam waktu lama akan membuat aliran darah kurang lancar mengakibatkan suplai darah ke otak menurun. Karena suplai darah menurun maka nutrisi untuk otak seperti oksigen dan nutrisi dari makanan juga menurun yang membuat kita menjadi mengantuk. Solusinya adalah dengan berdiri setiap 60 menit sekali dan sesekali melakukan streching. Meningkatkan aktifitas fisik selama berkerja di kantor dapat mengurangi rasa kantuk yang mungkin muncul. Namun itu saja tidak cukup, biasakan untuk berolahraga beberapa kali seminggu untuk menjaga stamina dan metabolisme tetap tinggi agar anda tidak mudah mengantuk di kantor.

Itulah tadi beberapa pembahasan mengenai cara mengatasi rasa kantuk saat bekerja. Baca juga artikel terkait lainnya Cara Merawat Tas Kulit Asli

loading...
terms: cara mengatasi ngantuk, cara mengobati rasa kantuk berlebihan, tips menghilangkan kantuk saat bekerja di malam hari