Cara Mengatasi Phobia Pada Ketinggian

By Categories : Umum

Gangguan anxietas fobik atau yang biasa disebut dengan phobia merupakan rasa takut yang berlebihan pada suatu benda, hewan, hal ataupun fenomena. Rasa takut yang disebabkan oleh phobia itu sendiri adalah hal yang tidak masuk akal ataupun irrasional. Hal ini karena seseorang yang berhadapan dengan hal yang merupakan phobianya, ia akan merasa ketakutan hebat, histeris hingga tidak bisa mengendalikan dirinya sendiri. Ada beberapa macam phobia yang ada yaitu phobia hewan, phobia barang dan juga phobia ketinggian.

Cara Mengatasi Phobia Pada Ketinggian

Phobia pada ketinggian sendiri disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor biologis dan faktor traumatis. Meskipun sering dianggap gangguan psikologis oleh beberapa pakar Psikolog, bukan tidak mungkin seseorang yang memiliki phobia ketinggian tidak dapat disembuhkan. Ada beberapa cara mengatasi phobia pada ketinggian.

Berikut Cara Mengatasi Phobia Pada Ketinggian

Selalu Mempersiapkan Diri

Cara mengatasi phobia yang pertama adalah selalu mempersiapkan diri. Anda harus menghadapi phobia Anda jika Anda tidak ingin dibayangi oleh ketakutan Anda sendiri. Selalu mempersiapkan mental dan tekat yang kuat saat berada dimanapun. Sugestikan pada diri Anda sendiri bahwa ketinggian tidak memiliki ancaman yang dapat membuat diri Anda terluka.

Jangan Panik

Jika Anda berada disituasi yang tidak Anda sukai pastikan hal pertama yang Anda lakukan adalah tidak panik dan tetap tenang. Hal ini karena sikap panik dapat membuat pikiran Anda berkipir secara irrasional atau tidak masuk akal. Sehingga hal ini akan membuat diri Anda kehilangan kontrol dan menyebabkan rasa takut yang belebihan menyerang Anda.

Metode Hipnoterapi

Jika cara di atas belum sepenuhnya mampu mengatasi phobia Anda, Anda dapat melakukan cara lain yaitu dengan mengikuti metode hipnoterapi. Dengan mengikuti metode ini dapat memberikan sugesti-sugesti positif untuk menghilangkan rasa takut yang berlebihan. Jika Anda rutin mengikuti treatment ini, sugesti positif yang diberikan pada metode ini dapat membuat Anda terbiasa melupakan phobia yang dapat mengganggu Anda.

Metode Medis

Selain melakukan metode hipnoterapi, cara mengatasi phobia pada ketinggian juga dapat dilakukan dengan pengobatan medis. Pengobatan medis yang Anda jalani akan mendapatkan pengawasan khusus dari seorang dokter ahli psikologi. Dalam pengobatan ini, biasanya dokter akan menggunakan obat-obatan untuk membantu Anda dalam mengurangi kecemasan sehingga pikiran negatif Anda lebih mudah untuk dikendalikan.

Percaya Diri Sendiri

Pengobatana ataupun metode di atas juga harus didukung dengan keinginan dari dalam diri untuk sembuh. Karena tanpa keinginan dari dalam diri Anda, beberapa metode penyembuhan tersebut tidak memiliki arti apa-apa. Pastikan Anda selalu menanamkan sugesti positif dalam diri Anda bahwa Anda ingin memiliki hidup yang lebih baik dan tentunya ingin sembuh dari phobia tersebut.

Nah itulah beberapa cara mengatasi phobia pada ketinggian yang dapat Anda coba. Baca juga artikel terkait tentang Jenis phobia paling unik di dunia.

Loading...