Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

By Categories : Kesehatan

Perut kembung sering dialami oleh bayi. Biasanya penyakit ini sering terjadi saat udara dingin dan juga pada saat musim hujan. Pada umumnya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan perut kembung pada bayi salah satunya yaitu banyaknya udara yang masuk ke dalam tubuh si kecil. Sehingga ini akan menyebabkan jumlah gas dalam saluran pencernaan menjadi meningkat.

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Seorang bayi yang mengalami perut kembung biasanya memiliki ciri-ciri seperti perut membuncit, sering bersendawa, perut kram dan juga menangis. Hal ini dikarenakan perut kembung yang dialami oleh bayi membuat bayi semakin tak nyaman. Namun Anda tidak perlu khawatir, jika Anda memiliki seorang bayi yang mengalami hal ini, Anda dapat mengatasi perut kembung pada bayi dengan cara berikut.

Tips mengobati perut kembung pada bayi

  • Menepuk nepuk bagian punggung bayi

Cara mengatasi perut kembung yang pertama adalah dengan cara menepuk nepuk bagian punggung bayi. Hal ini dilakukan agar bayi yang sedang kembung dapat bersendawa sehingga gas yang ada di dalam perut bayi dapat keluar. Saat menepuk bagian punggung bayi, Anda dapat menempatkan bayi dalam berbagai macam posisi, seperti baringkan bayi dengan memiringkannya ke kiri ataupun ke kanan. Anda juga dapat menggendong bayi sambil menepuk atau menggosok punggung bayi.

  • Menggunakan air hangat

Yang kedua adalah dengan cara menggunakan air hangat. Tuangkanlah sedikit air hangat ke dalam gelas, kemudian Anda dapat meminumkannya menggunakan sendok. Air hangat yang ia konsumsi dapat mengeluarkan gas di dalam perut dan dapat mengembalikan kondisi perut lebih nyaman dan hangat.

  • Mengajak bermain si kecil

Cara mengatasi perut kembung yang selanjutnya adalah dengan cara mengajak bermain si kecil. Selain dapat meningkatkan kecerdasan dan kesiapan si kecil, bermain bersama juga sangat bermanfaat untuk mengatasi perut kembung. Sebab, bermain bersama dapat membuat bayi lebih aktif sehingga dapat mengeluarkan gas dalam perut dengan sendirinya.

  • Menggosok perut secara perlahan

Selain cara di atas, Anda juga dapat melakukan cara lain yaitu menggosok perut bayi secara perlahan. Anda dapat menggosoknya dengan menggunakan minyak telon ataupun minyak kayu putih. Rasa hangat yang disebabkan minyak tersebut dapat membuat gas dalam perut keluar. Selain itu, Anda juga dapat membaringkan bayi kemudian pegang bagian kaki dan gerakkan secara perlahan. Cara ini dapat membantu usus untuk mengeluarkan gas penyebab perut kembung.

  • Waspada dengan susu formula

Susu formula merupakan salah satu nutrisi yang dikonsumsi bayi saat sang ibu tidak bisa menyusui. Namun sebaiknya Anda waspada dengan penggunaan susu formula. Karena setiap bayi tentunya berbeda dengan bayi yang lain. Ada yang cocok ada juga yang tidak cocok mengonsumi susu formula merek tertentu. Sehingga hal ini dapat menyebabkan perut kembung pada bayi.

Nah itulah beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi. Baca juga artikel tentang Resep makanan balita yang susah makan.