Cara Mengatasi Penyakit Mata Ikan Tanpa Operasi

By Categories : Kesehatan

Penyakit mata ikan merupakan hiperplasi epidemis akibat pertumbuhan epithel yang disebabkan Human Papilloma Virus tipe tertentu yang masuk dalam golongan Papova Virus. Umumnya mata ikan muncul pada telapak kaki atau pada sela-sela jari. Terdapat dua jenis mata ikan, yaitu maka ikan dengan tekstur keras dan mata ikan dengan tekstur lunak jika terkena air ataupun keringat. Biasanya orang menyebut mata ikan dengan kapalan, ini karena seseorang yang terkena mata ikan maka pada bagian tersebut akan kapalan.

Dari banyak kejadian, penyakit ini disebabkan karena penggunaan sepatu yang tidak sesuai. Selain itu, seseorang yang menggunakan sepatu berhak tinggi juga berisiko terkena mata ikan. Ini karena terkena pada jari-jari kaki yang dapat menimbulkan pembengkakan menjadi lebih besar. Banyak orang mengatasi penyakit mata ikan dengan cara operasi, namun bagi sebagian orang cara tersebut justru menakutkan.

mat aikan

Jika Anda terkena mati ikan dan tidak mau operasi maka Anda dapat menggunakan cara alami. Ini merupakan alternatif yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan mata ikan. Karena jika dibiarkan terus menerus dapat menimbulkan rasa nyeri pada bagian tersebut. Anda disarankan untuk menghindari menggunakan sepatu yang tidak nyaman dan hindari sepatu dalam keadaan basah. Aktivitas yang dilakukan sehari-hari dapat menyebabkan kaki tertekan dibandingkan dengan istirahat.

Mengatasi Penyakit Mata Ikan Secara Alami

Kaki yang dengan kondisi lembab dapat menimbulkan bakteri dan jamur mudah berkembang serta dapat menimbulkan infeksi. Bakteri-bakteri tersebut yang dapat membuat kulit kaki menjadi bermasalah. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan.

Batu Apung

Batu apung merupakan cara pertama yang dapat Anda pilih untuk menghilangkan mata ikan. Memijat menggunakan batu apung dipercaya dapat mengobati mata ikan dengan cepat. Menurut penelitian batu apung dapat menghapus kulit mati atau kulit yang mengeras seperti kapalan. Selain itu, dengan memijat menggunakan batu apung mampu mengurangi rasa nyeri di bagian jari yang terkena mata ikan.

Cara melakukannya adalah rendam kaki sebelum tidur menggunakan air hangat sekitar 10 menit. Ini dilakukan agar kaki lebih nyaman dan bagian kulit yang terkena mata ikan menjadi lembut. Kemudian Anda dapat menggosokkan batu apung pada bagian kulit yang terkena mata ikan selama 5 menit. Lakukan cara ini secara rutin untuk memberikan hasil yang maksimal.

Cuka Putih

Cara mengatasi penyakit mata ikan secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka putih. Cuka putih memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi dan dipercaya mampu membuat kulit yang terkena mata ikan menjadi lembut. Selain itu, cuka putih juga bersifat antibakteri serta antijamur yang mampu menumpas dan mengurangi risiko infeksi.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan cuka putih dan air dengan takaran 1:3. Oleskan campuran tersebut pada bagian yang terkena mata ikan sebelum tidur. Kemudian Anda tutup bagian tersebut menggunakan plester hingga pagi hari. Ketika bangun tidur Anda buka plester dan oleskan minyak kelapa atau minyak zaitun agar jari kaki menjadi lembab.

Baking Soda

Baking soda sudah digunakan sejak dahulu untuk mengelupas kulit mati ataupun kering. Mata ikan merupakan bagian dari kulit mati sehingga penggunaan baking soda sangat efektif untuk mengatasi penyakit ini. Selain itu, baking soda juga bersifat antijamur serta antibakteri sehingga dapat membuat bagian kulit yang terkena mata ikan terbebas dari infeksi.

batu apung

Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan mata ikan cukup mudah. Anda cukup mencampurkan dua sendok makan baking soda pada baskom yang berisi air hangat. Rendam kaki Anda yang terkena mata ikan ke dalam baking soda sekitar 15 menit. Agar lebih efektif Anda dapat sambil menggosok bagian tersebut menggunakan batu apung.

Bawang Putih

Cara selanjutnya untuk menghilangkan penyakit mata ikan adalah dengan menggunakan bawang putih. Perlu Anda ketahui bahwa bawang putih mengandung senyawa antiokasidan alami yang mampu menghilangkan mata ikan. Selain itu, Bawang putih juga dapat mengurangi risiko infeksi karena bawang putih bersifat antibakteri serta antijamur yang kuat. Cara menggunakannya adalah Anda cukup menggosokkan beberapa siung bawang putih yang sudah dikupas ke bagian yang terkena mata ikan.

Daun Dewa

Selanjutnya adalah dengan menggunakan daun dewa. Caranya adalah dengan menyiapkan 5 lembar daun dewa yang sudah dibersihkan kemudian tumbuk hingga halus dan oleskan pada kulit yang terkena mata ikan. Setelah rata hasil baluran tersebut dapat Anda balut menggunakan perban dan diamkan agar dapat meresap

baca juga : manfaat belerang bagi kulit

Mata ikan bukanlah penyakit yang mengkhawatirkan, namun karena bentuknya yang cukup mengganggu aktivitas serta menimbulkan nyeri maka Anda harus segera mengatasinya dengan cara-cara di atas. Agar penyakit mata ikan lebih cepat sembuh maka Anda dapat melakukannya secara rutin.

loading...
terms: foto penyakit mata ikan