Cara Mengatasi Pemanasan Global

By Categories : Tips

Seiring dengan bertambahnya waktu, perkembangan manusia di bumi semakin pesat. Hal tersebut dibarengi dengan hal-hal yang dilakukan oleh manusia yang dapat merusak alam seperti penebangan pohon secara ilegal tanpa penanaman kembali, menciptakan berbagai senjata canggih yang dapat merusak ozon, bertambahnya polusi udara akibat kendaraan yang jumlahnya terus meningkat seiring dengan bertambahnya manusia.

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Dampak jangka waktu lama yang ditimbulkan oleh perusakan alam yang disebabkan oleh manusia seperti Global Warming atau pemanasan global. Dampak tersebut tentunya dapat bermasalah bagi kelangsungan hidup manusia. Pemanasan global menyebabkan terjadinya perubahan iklim, terjadinya efek rumah kaca yang dapat menyebabkan ozon semakin menipis, sampai dengan mencairnya es di kutub yang dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan bencana besar berupa tsunami yang akan menenggelamkan pulau-pulau di bumi.

Oleh sebab itu perlu tindakan mulai dari sekarang untuk menghindarkan dari ancaman berbahaya yang ditimbulkan oleh pemanasan global.

Berikut Cara Mengatasi Pemanasan Global

Melakukan Penanaman Pohon

Cara mengatasi pemanasan global yang pertama adalah dengan melakukan penanaman pohon kembali. Saat ini pemerintah di berbagai negara terus mengupayakan kegiatan GoGreen atau penghijauan dengan menanam sejuta pohon. Hal ini diharapkan untuk memacu pertumbuhan pohon guna menggantikan pohon-pohon yang semakin hari jumlahnya semakin menipis akibat dari penebangan yang dilakukan oleh manusia. Pohon dapat menyerap gas berbahaya di udara dan menggantinya dengan gas oksigen yang dihirup oleh manusia dan makhluk hidup lainnya seperti hewan.

Hemat Penggunaan Listrik

Cara mengatasi pemanasan global berikutnya adalah dengan menghemat penggunaan listrik. Penggunaan listrik yang hemat bukan berarti mematikan semua listrik di rumah, melainkan menggunakan listrik sesuai keperluan. Misal saja mematikan lampu ruangan yang sedang tidak digunakan, mematikan AC, mematikan lampu di siang hari, dan banyak lagi. Seperti yang kita ketahui bahwa listrik bersumber dari berbagai tenaga diantaranya seperti Tenaga Bahan Bakar. Dengan hemat listrik secara otomatis akan menghemat tenaga yang digunakan sebagai pembangkit.

Cerdas Dalam Menggunakan Kendaraan

Cara berikutnya adalah dengan cerdas dalam penggunaan kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor menggunakan bahan bakar minyak sebagai sumber tenaga yang dihasilkan, meskipun saat ini tengah dikembangkan sumber tenaga dari listrik yang tentunya tidak menghasilkan emisi gas. Cerdas dalam menggunakan kendaraan seperti gunakan transportasi umum yang disediakan pemerintah, menggunakan sepeda jika bepergian jarak dekat. Hal ini berguna untuk mengurangi polusi udara serta kemacetan yang sering terjadi di kota-kota besar.

Mengurangi Bangunan Rumah Kaca

Efek rumah kaca dapat menimbulkan suhu dibumi meningkat, sehingga dapat mempengaruhi keadaan di kutub yang akan menimbulkan proses cairnya es. Untuk itu sudah seharusnya pemerintah membatasi ketinggian bangunan ataupun gedung-gedung pencakar langit yang memiliki jumlah kaca yang sangat banyak.

Nah itulah tadi beberapa cara mengatasi pemanasan global. Untuk cara sederhana lainnya dapat dilakukan dengan mengurangi penggunaan AC serta mengurangi penggunaan parfum berlebih terutama parfum dalam bentuk gas. Baca juga artikel tentang Teknologi Hybrid untuk mobil canggih.

Loading...