Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Mengetahui cara mengatasi mual saat hamil memang sangat berguna bagi ibu hamil. Hal ini sangatlah bermanfaat agar rasa mual tersebut dapat teratasi dengan baik. Seperti yang kita ketahui saat hamil muda, ibu hamil memang sangat rentan dan seringkali mengalami mual-mual atau yang biasa disebut dengan morning sickness. Karena saat hamil indera penciumannya lebih peka dari biasanya.

Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan rasa mual pada ibu hamil, seperti asam lambung, metabolisme berubah, hormon meningkat, pencernaan terdesak dan juga dikarenakan psikologis. Meskipun merupakan hal yang wajar, akan tetapi jika tidak segera diatasi tentu saja hal ini sangat mengganggu. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

mual hamil muda

Cara mengatasi mual saat hamil

Hindari makanan mengandung gas

Cara yang pertama adalah menghindari makanan yang dapat menimbulkan gas.  Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung gas dapat membuat ibu hamil kembung. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan perut kembung, antara lain durian, kol, nangka, sawi hijau dan makanan hasil fermentasi. Meskipun merupakan bukan makanan yang dilarang akan tetapi sebaiknya Anda menghindarinya terlebih dahulu agar tidak mual-mual.

Mengatur pola makan

Yang kedua adalah dengan cara mengatur pola makan. Jika sebelum hamil Anda makan 3 hingga 4 kali dalam sehari, sebaiknya saat hamil muda mulailah untuk mengubah pola makan Anda. Makan dalam jumlah sedikit namun sering juga merupakan cara efektif untuk mengatasi mual. Begitu juga dengan minuman, minumlah dalam jumlah sedikit-sedikit namun teratur untuk mencegah dehidrasi.

Istirahat yang cukup

Saat hamil muda, sebaiknya Anda mengambil cuti dari pekerjaan. Karena beban pikiran dan juga tres juga merupakan penyebab utama dari mual dan muntah saat hamil. Oleh karena itu pastikan Anda memiliki kualitas tidur yang baik dan istirahat yang cukup. Tak hanya itu saja, Anda juga harus menghindari melakukan pekerjaan-pekerjaan yang dapat menguras tenaga Anda.

Relaksasi

Berikutnya adalah dengan cara berelaksasi. Meskipun sedang hamil, Anda pun masih disarankan untuk tetap berolahraga. Ada beberapa olahraga yang baik untuk ibu hamil, mulai dari berenang, senam hamil ataupun jalan kaki. Selain dapat mengatasi mual dan muntah saat hamil, olahraga tersebut juga memiliki efek positif bagi kesehatan ibu dan janin. Anda juga harus berolahraga secara teratur agar kesehatan terjaga.

Mengonsumsi jahe

Untuk mengatasi mual saat hamil muda Anda juga dapat mengonsumsi jahe. Jahe merupakan rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai ramuan tradisional yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jahe juga dapat mengurangi rasa mual pada wanita yang hamil muda. Caranya adalah dengan mencampurkan jahe beserta teh hangat. Jika ingin mudah Anda juga dapat membeli wedang jahe alami yang biasanya dijual di beberapa tempat. Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi jahe instan karena makanan instan tidak baik untuk kesehatan ibu hamil.

Mengonsumsi buah-buahan

Cara mengatasi mual saat hamil selanjutnya adalah dengan cara mengonsumsi buah-buahan. bagi Anda yang menyukai camilan, tidak ada salahnya mengganti camilan dengan potongan-potongan buah. Selain menyehatkan tentu saja hal ini juga dapat mengatasi mual yang dirasakan. Beberapa buah yang baik untuk ibu hamil, antara lain  pepaya muda, delima, jeruk dan buah lainnya.

Mengambil jeda saat pagi hari

Kebiasaan wanita yang beranjak dari tempat tidur ketika baru bangun ternyata berpengaruh terhadap rasa mual. Untuk itu wanita hamil muda disarankan untuk tidak langsung beranjak dari tempat tidur. Beri jeda waktu agar tubuh tidak lemas, jika perlu siapkan cemilan ringan seperti biskuit di dekat tempat tidur. Jika mual sudah mereda maka ibu hamil bisa mulai bangkit dari tempat tidur.

Minum yang cukup

Ibu hamil muda yang mengalami muntah biasanya karena kekurangan cairan. Untuk itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengganti cairan yang hilang dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Agar lebih baik ibu hamil dapat mengonsumsi air putih hangat. Air putih mampu menetralisir penyebab mual saat hamil karena rasa hangat air tersebut lebih mudah diterima oleh usus dibandingkan air putih dalam keadaan dingin.

Menghirup udara pagi

Udara pagi memang sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, ibu hamil juga dapat menghirup udara pagi karena akan menjadikan ibu hamil menjadi lebih rileks. Ketika rileks syaraf otak akan bekerja agar dapat menghilangkan rasa mual. Otak merupakan sistem syaraf pusat yang membawahi sistem syaraf di bawahnya seperti usus dan organ lainnya.

Terapi

Untuk mengatasi mual ibu hamil juga dapat melakukan terapi. Jika sering mengalami mual dan muntah dapat melakukan terapi yang khusus menghilangkan hal tersebut. Terapi yang dipilih adalah terapi akupuntur, yakni terapi yang menggunakan totok jarum di bagian syaraf tertentu.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi mual saat hamil.

Loading...