Cara Mengatasi Masuk Angin Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Masuk angin menjadi salah satu penyakit yang banyak menghampiri setiap orang. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan masuk angin seperti faktor cuaca dan daya tahan tubuh yang sedang lemah. Masuk angin dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti flu, demam, perut kembung, dan batuk. Hal tersebut tentunya dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. Dalam pembahasan kali ini membahas mengenai beberapa cara mengatasi masuk angin secara alami. Cara-cara berikut ini dapat mudah dilakukan sebagai pengganti obat dengan mengalihkan menggunakan bahan alami. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti pembahasan di bawah ini!

Cara Mengatasi Masuk Angin Secara Alami

Berikut Cara Mengatasi Masuk Angin Secara Alami

Minum Wedang Jahe

Wedang jahe menjadi cara alami untuk mengatasi masuk angin. Manfaat jahe untuk kesehatan memang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Rasa hangat yang diberikan wedang jahe sangat ampuh untuk mencegah sekaligus mengatasi masuk angin. Jahe biasanya ditumbuk, direbus, dan kemudian diambil air jahe untuk diminum. Air jahe tersebut bisa juga ditambahkan gula secukupnya untuk menambah rasa manis.

Campuran Madu dan Teh Lemon

Mengatasi masuk angin secara alami berikutnya adalah dengan campuran madu dan teh lemon. Kombinasi ketiganya sangat bermanfaat untuk mengatasi sekaligus mencegah masuk angin disaat cuaca kurang bersahabat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli, vitamin C sangat berperan untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan pada tubuh. Lemon yang mengandung vitamin C berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh yang masuk angin dapat diatasi dengan kombinasi madu, teh, dan sari dari buah lemon.

Menghindari Minuman Dingin

Ketika masuk angin sangat pantang sekali seseorang untuk minuman dingin. Minuman dingin hanya akan membuat keadaan semakin buruk, yang terjadi adalah tubuh akan semakin sakit dan penyakit tidak cepat reda. Untuk mengatasi masuk angin pada tubuh ganti minuman dingin dengan minuman hangat seperti wedang jahe ataupun campuran teh dengan madu dan lemon.

Konsumsi Sup Ayam

Cara mengatasi masuk angin yang keempat adalah dengan mengonsumsi sup ayam. Sup ayam yang disajikan hangat memiliki banyak manfaat untuk tubuh salah satunya adalah membantu mencegah sekaligus mengatasi masuk angin. Ketika masuk angina, tubuh akan merespon dengan lidah akan terasa pahit ketika mengonsumsi sesuatu. Untuk mengatasi hal tersebut sup ayam yang telah dicampurkan dengan beberapa sayur hijau dapat menjadi menu sehat alternatif yang bisa Anda coba.

Rebusan dari Daun Pepaya

Untuk cara alami ini banyak dihindari karena rasa yang pahit. Daun pepaya yang direbus dengan air bermanfaat untuk mengatasi masuk angin. Rebusan daun pepaya tergolong sebagai jamu tradisional yang kaya akan manfaat. Ini dikarenakan kandungan antibiotik alami yang cukup tinggi di dalam daun pepaya. Untuk cara mengonsumsi ambil 4 sampai 5 lembar daun pepaya yang telah dicuci bersih. Setelah itu rebus daun pepaya tersebut dengan tambahan air kurang lebih 1 liter. Kemudian minum air rebusan daun pepaya secukupnya untuk mengatasi masuk angin.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa cara mengatasi masuk angin secara alami. Bawang putih juga turut membantu untuk mengatasi masuk angin. Oleh karena itu tambahkan bawang putih secukupnya ke dalam menu makanan seperti sup ayam.