Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

By Categories : Teknologi

Laptop menjadi perangkat elektronik yang bisa dibawa kemana saja untuk menunjang pekerjaan manusia. Berbeda dengan PC ( Personal Computer) yang kurang fleksibel dan tak bisa dibawa kemana-mana. Penggunaan laptop yang benar menjadi kunci utama agar kualitas laptop tetap awet. Terdapat banyak masalah yang bisa saja menghampiri laptop yang Anda gunakan, salah satunya adalah laptop sering mati sendiri.

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Masalah tersebut perlu perhatian khusus dan penanganan yang tepat. Untuk menangani laptop yang sering mati sendiri, alangkah baiknya jika mengetahui penyebabnya pula. Nah lalu bagaimana saja cara mengatasi laptop mati sendiri dan apa penyebabnya? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Dengan Membersihkan RAM

Cara mengatasi laptop sering mati sendiri yang pertama adalah dengan membersihkan bagian RAM pada laptop. Laptop sering mati bisa disebabkan karena kondisi RAM yang bermasalah. Oleh sebab itu coba untuk membongkar laptop dan mengambil RAM. Setelah terambil bersihkan RAM dengan menggunakan penghapus secara perlahan. Setelah membersihkannya pasang kembali dengan posisi yang benar.

Dengan Mengecek Sistem Operasi pada Laptop

Cara mengatasi laptop mati sendiri yang kedua dapat Anda lakukan dengan mengecek sistem operasi yang Anda gunakan. Untuk proses pengecekan dapat dilakukan dengan melihat apakah laptop Anda berjalan wajar atau lemot. Laptop sering mati dapat disebabkan karena infeksi virus pada sistem. Infeksi virus tidak hanya dapat menyebabkan laptop sering mati, tetapi juga masalah lainnya seperti kinerja lemot, file tak bisa dibuka, munculnya file aneh, dan banyak lagi.

Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan aplikasi Norman Ccleaner dengan membersihkannya melalui SafeMode. Aplikasi tersebut tak perlu diinstal karena bersifat Portable. Setelah membersihkan dengan Norman Ccleaner barulah masuk ke mode biasa dan gunakan antivirus untuk proses full scan. Jangan lupa untuk selalu meng-update antivirus agar memiliki kinerja yang lebih handal.

Memberikan Pasta pada Prosesor

Laptop sering mati juga dapat disebabkan karena pasta pada prosesor sudah mengering akibat dari umur laptop yang sudah terlalu lama. Hal ini merupakan penyebab laptop lemot dan mudah panas sehingga sering mengalami mati sendiri saat digunakan. Untuk mengatasinya cobalah memberikan pasta khusus untuk prosesor, dan oleskan secara merata pada. Jika Anda tidak mengetahui cara pengolesan prosesor cobalah untuk pergi ke teknisi atau ahlinya.

Membersihkan Bagian Laptop

Cara berikutnya adalah dengan membersihkan debu yang menempel pada bagian-bagian laptop. Hal sepele ini dapat membuat laptop cepat panas dan sering mati sendiri. Ini dikarenakan debu yang menumpuk menyebabkan sirkulasi udara di dalam laptop akan terhambat. Untuk itu Anda dapat membongkar laptop dan bersihkan bagian-bagian laptop sampai ke celah-celah guna membersihkan debu yang menempel.

Nah itulah tadi beberapa cara mengatasi laptop mati sendiri yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel tentang Tips merawat laptop agar awet.

Loading...