Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering dan Bersisik

By Categories : Tips

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh yang dapat mengalami perubahan karena berbagai faktor, seperti gaya hidup tidak sehat dan genetis. Kulit dapat berubah menjadi kering jika kekurangan nutrisi, salah satunya adalah kulit kepala. Umumnya kulit kepala yang kering akan menyebabkan ketombe akibat kulit kepala yang mengelupas dan menumpuk sehingga menjadi seperti kotoran.

Mengatasi Kulit Kepala Kering

Bagi Anda yang mengalami hal tersebut, tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara mengatasi kulit kepala kering bahkan bersisik seperti berikut ini.

Tips mengatasi kulit kepala kering

Hindari penggunaan produk perawatan rambut berlebihan

Bagi seorang wanita, rambut merupakan bagian tubuh yang paling penting untuk diperhatikan. Selain itu, rambut juga lebih sering di tata dan dirawat. Sehingga tidak jarang banyak produk kecantikan rambut dengan berbagai jenis digunakan oleh wanita. Namun, perlu Anda ketahui jika penggunaan produk kecantikan rambut jika digunakan secara berlebihan maka dapat menghilangkan nutrisi dan kelembaban alami kulit kepala Anda. Setiap produk perawatan rambut tentu memiliki konsekuensi tersendiri jika sering digunakan dengan jumlah yang banyak. produk tersebut antara lain shampo, gel rambut, hair spray, dan pewarna rambut.

Perhatikan kondisi lingkungan

Untuk mengatasi kulit kepala kering yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kondisi lingkungan Anda. Anda perlu mengetahui apakah kondisi lingkungan cocok untuk kesehatan kulit kepala Anda atau tidak. Perlu Anda ketahui jika suhu atau cuaca yang dingin mampu membuat kulit kepala Anda menjadi kering. Bagi Anda pegawai kantoran yang selalu berada di ruang ber-AC dari pagi hingga sore akan berpotensi mengalami kulit kepala kering dan bersisik. Cara mengatasinya adalah atur suhu ruangan Anda, agar tidak terlalu dingin.

Konsumsi makanan sehat

Mengatasi kulit kepala kering dan bersisik selanjutnya adalah dengan memperhatikan pola makan Anda. Hal ini berpengaruh terhadap nutrisi yang Anda dapat dan pelembab alami dari makanan yang Anda konsumsi. Sehingga mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi tinggi sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Hindari makanan yang mengandung gula berlebih karena dapat membuat tubuh dehidrasi dan kolagen tidak terbentuk dengan sempurna. Hal ini menyebabkan kulat kehilangan elastisitasnya dan mengering. Kandungan zinc, asam lemak, dan vitamin B sangat cocok untuk kelembaban kulit Anda.

Menutrisi kulit kepala

Memastikan kulit kepala mendapatkan asupan nutrisi yang cukup adalah tips mengatasi kulit kepala kering yang baik. Pilihlah shampo yang berkualitas dan cocok untuk kulit rambut Anda. Dengan shampo tersebut Anda dapat memakainya dua hari sekali. Anda juga dapat menggunakan masker rambut untuk menjaga kelembaban kulit rambut Anda. Ada banyak bahan alami yang bisa Anda coba, salah satunya adalah lidah buaya.