Cara Mengatasi Kram Perut Saat Olahraga

By Categories : Kesehatan

Mungkin Anda pernah merasakan sakit perut atau kram perut ketika sedang berolahraga. Namun Anda jangan terlau khawatir ketika berolahraga sering mengalami sakit perut. Sakit perut ketika melakukan olahraga dapat diakibatkan oleh beberapa hal seperti Anda banyak mengonsumsi makanan dan minuman sebelum berlari atau olahraga lainnya. Hal tersebut dapat mengakibatkan perut sakit akibatnya adalah mual. Sakit perut ketika melakukan olahraga dapat dicegah dengan beberapa cara mudah. Namun sebelum Anda mengetahui bagaimana saja cara mengatasinya? Alangkah baiknya mengetahui terlebih dulu faktor yang menyebabkan sakit perut pada saat berolahraga.

Cara Mengatasi Kram Perut

Makan dan Minuman Sebelum Berlari

Seperti pada penjelasan di atas bahwa kram perut yang mengakibatkan sakit perut dapat disebabkan karena makan dan minum sebelum berlari. Ini dikarenakan ketika lambung sedang melakukan pemrosesan pada makanan dan minuman yang akan dicerna tubuh terganggu dengan aktivitas berlari. Akibatnya adalah terjadi kram pada perut dan resiko mual.

Belum Melakukan Pemanasan

Yang satu ini sering dilakukan banyak orang ketika akan sedang berlari. Melakukan pemanasan memang sangat penting sebelum berolahraga entah lari, atau olahraga lainnya. Oleh sebab itu ketika akan melakukan olahraga sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari kram pada perut. Yang bahaya lagi adalah pada saat kram perut ketika berenang, karena dapat mengakibatkan bahaya yang fatal.

Faktor lainnya yang dapat menyebabkan kram pada perut saat berolahraga adalah seperti kekurangan cairan pada tubuh dan berbicara saat berolahraga seperti saat berlari.

Beberapa Cara Mengatasi Kram Perut

Melakukan Pemanasan dengan Baik

Sebelum berolahraga yang paling penting dilakukan adalah dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan cukup dilakukan selama 20 menit saja. Melakukan pemanasan tidak hanya berguna untuk mencegah kram pada perut saja, tetapi juga berguna untuk menghindari cidera pada otot kaki.

Tidak Makan dan Minum Sebelum Berolahraga

Untuk menghindari terjadinya kram pada perut. Namun bila terpaksa makan dan minum lakukan sebelum olahraga sekitar rentan waktu satu jam. Dengan begitu makanan dan minuman akan diserap tubuh terlebih dahulu dan menciptakan energi pada tubuh. Energi tersebut bisa dimanfaatkan untuk berolahraga.

Minum Air Putih yang Cukup

Tubuh membutuhkan cairan pada saat melakukan olahraga untuk itu sebaiknya minum air putih yang cukup sebelumnya. Sedangkan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh saat olahraga, Anda dapat minum air putih atau cairan elektrolit yang bisa ditemukan di toko.

Berkonsentrasi Saat Berolahraga

Konsentrasi sangat dibutuhkan dalam olahraga seperti lari, bulu tangkis, berenang, dan olahraga lainnya. Dengan fokus maka pernapasan dapat diatur dengan baik. Pernapasan sangat dibutuhkan dalam melakukan olahraga tadi. Kurang konsentrasi saat olahraga dapat mengakibatkan hal buruk seperti mudah lelah karena salah mengatur pernapasan, resiko jatuh yang bisa mengakibatkan cidera pada tubuh dan otot.

Demikianlah beberapa cara mengatasi kram perut saat olahraga yang dapat Anda ketahui.

Loading...
terms: cara mengatasi kram perut saat lari, cara menghilangkan kram perut akibat sit up, cara menghilangkan sakit perut karena sit up, cara menghilangkan rasa sakit perut setelah sit up, mengobati kram perut karena sit up, olahraga knapa waktu sit up perut terasa kram, mengatasi kram perut setelah olahraga, pemanasan sebelum berlariasupaya perut tidak keram, cara mengatasi kram perut karena sit up, tips terhindar keram perut saat lari, cara menyembuhkan perut kram karena sit up, dampak buruk sering suduken letika olahraga