Cara Mengatasi Komputer Sering Restart Sendiri

By Categories : Teknologi

Komputer sering restart sendiri terasa sangat menjengkelkan, apalagi jika digunakan pada saat waktu penting. Hal ini otomatis akan menggangu aktivitas penggunaan dan dapat menghambat pekerjaan. Terdapat banyak cara mengatasi komputer restart sendiri, salah satunya adalah dengan mengecek kondisi RAM di dalamnya. Lantas bagaimana saja cara mengatasinya? Untuk mengetahi lebih lanjut, simak pembahasannya di bawah ini!

Cara Mengatasi Komputer Sering Restart

Berikut Cara Mengatasi Komputer Sering Restart Sendiri

Mengecek Kondisi RAM

Komputer sering restart sendiri dapat disebabkan karena kondisi RAM kotor atau sudah mulai rusak. Untuk itu coba lihat kondisi RAM dan bersihkan bagian kaki-kaki RAM dengan menggunakan penghapus secara perlahan. Jika sudah membersihkannya pasang kembali dan gunakan komputer seperti biasa. Jika masih restart sendiri, bisa kemungkinan RAM sudah mulai bermasalah. Jika RAM bermasalah solusi satu-satunya dengan mengganti baru. Baca Juga Cara Mengatasi Android Restart Sendiri

Check Kondisi Hardisk

Cara mengatasi komputer sering restart sendiri adalah dengan mengecek kondisi hardisk. Hardisk pada komputer bertugas untuk menyimpan dan membaca data. Permasalahan yang sering dialami oleh salah satu hardware pada komputer tersebut adalah bad sector. Ketika hardisk mengalami bad sector maka sistem tidak bisa berjalan dengan lancar dan normal. Untuk mengatasinya aktifkan program scandisk atau checkdisk secara berkala misal 1 bulan sekali. Proses defrag pada hardisk bertujuan untuk menata ruang kembali pada hardisk. Untuk kondisi hardisk yang sudah benar-benar bad sector, solusi akhir adalah dengan membeli hardisk baru. Perlu diingat juga bahwa matikan komputer sesuai prosedur dengan menekan tombol shutdown.

Check Kondisi Power Supply

Power supply merupakan hardware yang berperan penting dalam pemberian daya pada sebuah komponen komputer. Dapat dibilang tanpa adanya power supply maka sebuah PC tidak bisa digunakan. Power supply yang bermasalah dapat mengakibatkan panas berlebih di bagian dalam yang mengakibakan suhu menjadi naik. Suhu panas berlebih tersebut dapat menyebabkan komputer sering restart sendiri. Oleh karena itu jika komputer panas berlebih dengan penggunaan baru sebentar, patut dicurigai jika terjadi masalah pada power supply. Untuk membeli power supply baru pastikan minimal daya sekitar 530 watt.

Bersihkan Semua Komponen Hardware

Cara mengatasi komputer sering restart berikutnya adalah dengan membersihkan semua komponen hardware di dalamnya. Debu yang menumpuk dapat mengakibatkan sirkulasi udara kurang lancar. Akibatnya adalah suhu menjadi cepat panas yang bisa menyebabkan komputer mati atau restart sendiri. Untuk itu pembersihan pada setiap komponen komputer perlu dilakukan untuk mencegah debu menumpuk.

Lakukan Scan Antivirus

Yang terakhir adalah dengan melakukan proses scaning berkala pada komputer Anda. proses scaning perlu dilakukan untuk mencegah malware menginfeksi perangkat komputer Anda. Selain melakukan proses scaning jangan lupa untuk selalu meng-update antivirus. Update antivirus berguna untuk memperbaharui database tentang virus, sehingga membuat antivirus lebih kuat dalam mengenali berbagai macam virus, malware atau sejenisnya.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai cara mengatasi komputer sering restart sendiri yang dapat Anda ketahui.

Loading...