Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah Dengan Cepat

By Categories : Kesehatan

Dalam istilah medis tumit kaki yang pecah-pecah dikenal dengan sebutan kapalan. Hal ini biasanya disebabkan karena kulit kering dan juga kurangnya asupan nutrisi seperti, vitamin, mineral dan juga asam lemak omega 3. Jika tidak segera ditangani hal tersebut dapat menyebabkan kulit berdarah hingga dapat menyebabkan infeksi. Ada beberapa gejala dari penyakit ini mulai dari kulit merah dan bersisik, pendarahan pada kaki dan juga mengelupasnya kulit pada kaki. Bila Anda mengalami tumit pecah-pecah, cobalah untuk melakukan cara mengatasi kaki pecah-pecah berikut ini!

Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah Dengan Cepat

Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah Secara Alami

Batu Apung dan Air Hangat

Cara yang pertama adalah dengan cara menggunakan batu apung dan air hangat. Caranya rendam kaki yang yang tumitnya pecah-pecah selama 10 hingga 15 menit kemudian gosokkan batu apung tersebut pada permukaan kulit yang pecah-pecah dengan hati-hati agar permukaan kaki tidak mengalami pendarahan. Hal ini dilakukan bertujuan agar sel kulit mati pada tumit kaki tersebut dapat mengelupas. Sehingga tumit akan terasa lebih halus.

Pisang dan Alpukat

Cara mengatasi kaki pecah-pecah yang kedua adalah dengan cara menggunakan bahan alami yaitu pisang dan juga alpukat. Kandungan vitamin dan minyak pada kedua buah tersebut dapat melembutkan dan melambabkan tumit yang pecah-pecah. Caranya, campurkan daging alpukat dengan buah pisang hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan campuran tersebut pada kaki Anda. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan tumit yang halus.

Minyak Zaitun

Seperti yang Anda ketahui minyak zaitun memiliki nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan. Oleskan minyak zaitun pada kaki Anda kemudian diamkan hingga beberapa menit dan bilas hingga bersih dengan menggunakan air. Selain dapat digunakan untuk mengatasi kaki pecah-pecah, minyak zaitun juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat, mencerahkan kulit wajah serta dalam menghaluskan kulit.

Lemon dan Madu

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon dan juga madu. Kandungan vitamin C pada keduanya mampu menutrisi kaki tersebut. Caranya, campurkan perasan jeruk lemon dengan air dalam baskom, kemudian rendam kaki selama 15 menit. Kemudian gosok perlahan bagian tumit yang pecah-pecah untuk menghilangkan sel kulit mati. Lakukan hal ini berulang-berulang hingga kulit kaki terasa lembut dan tak pecah-pecah.

Alpukat dan Gula

Dengan menggunakan campuran kedua bahan tersebut Anda dapat membuat scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati. Selain itu, kandungan vitamin E pada buah alpukat sangat baik untuk menjaga kelembutan dan kelembaban kaki Anda. Caranya hanya dengan mencampurkan kedua bahan tersebut, kemudian mengoleskannya pada tumit kaki. Dengan melakukan hal ini secara teratur diperaya dapat mengembalikan kelembutan kaki Anda.

Nah itulah beberapa cara mengatasi kaki pecah-pecah yang dapat Anda coba.