cara mengatasi handphone yang terkena air

By Categories : Teknologi

   Kali ini saya akan berbagi tips cara mengatasi handphone yang terkena air. Namun saya anjurkan untuk handphone terkena air dengan jumlah banyak (contohnya tenggelam di air) untuk langsung di bawa ke tempat service. Tips disini hanya untuk mengatasi jika handphone terkena air dalam jumlah sedikit, contohnya seperti terkena tumpahan air kopi, tersiram air minum, dsb. Dan berikut tips dari saya :

Inilah Cara Mengatasi Handphone yang Terkena Air

1. Lepas segera batre, cashing, dan asesoris lainnya, lalu keringkan. (Jika hp langsung mati setelah terkena air, jangan langsung di hidupkan)cara mengatasi handphone yang terkena air
2. Keringkanlah dengan cahaya yang cukup contohnya di dekatkan dengan lampu, tidak dianjurkan untuk menggunakan cahaya matahari, karena akan mengakibatkan rusaknya sel-sel warna pada layar LCD.
3. Keringkan dengan blower, kipas, dsb jika ada.
4. Hilangkan titik-titik air, menggunakan kapas, tisu, atau bahan lain yang mampu menyerap air dan berbahan halus (tidak dianjurkan menggunakan kain kasar, karena itu akan menyebabkan kerusakan pada komponen di hp)
5. Berikan cairan khusus pada lubang conector charger pada HP dan interface conector pada batre (saluran penghubung antara batre dengan HP) dengan cairan alkohol atau perfume atau akan lebih baik semprotlah dengan cairan contact cleanner anti karat.
6. Kemudian biarkan HP 1 atau 2 hari hingga benar-benar kering, lalu coba hidupkan kembali.

Bila handphone terlanjur tercebur dalam air cukup lama, dan setelah melakukan langkah-langkah diatas handphone mengalami, restart sendiri, mati hidup (berkedip-kedip/blep), mati total/unfunction. Segeralah bawa ke tempat servis resmi dan bergaransi, jangan lupa untuk menceritakan bagaimana penyebab dari kondisi kerusakan HP tersebut, agar teknisinya bisa mengawalinya dengan langkah benar/tepat. Setelah HP bisa diperbaiki usahakan gantilah batre dengan batre baru.
Hal-hal akan ditimbulkan jika hp terkena Air adalah terjadinya arus pendek/shorting antara arus negative dan positif, tertinggalnya air didalam mesin/hardware HP akan mengalami suatu proses pengerasan bila mendapatkan arus power/daya listrik dari batre, biasanya air akan berubah bentuk menjadi seperti bedak putih dan semakin lama akan berwarna hijau hingga kemudian coklat lalu menghitam dan hal ini jelas akan menyebakan proses konsleting pada arus hardware HP, hingga HP akan mengalami beberapa gangguan pada beberapa fungsinya bahkan bisa mati total/unfunction.
Itulah tips cara mengatasi hp jika terkena air. semoga bisa membantu teman-teman pembaca setia blog ini, semoga bermafaat…

terms: solusi hp kena air, cara mengatasi hp samsung galaxy terkena tumpahan susu, cara mengatasi hp yg terkena air, hp android tersiram susu, hp berkedip kedip habis kena air