Cara Mengatasi Depresi Berkepanjangan

By Categories : Umum

Depresi adalah rasa sakit secara emosional yang letaknya di dalam diri seseorang. Seseorang yang memilik kecerdasan emosi yang buruk cenderung lebih mudah mengalami depresi dari pada seseorang yang memiliki kecerdasan emosi yang baik. Ada beberapa penyebab depresi yang harus Anda ketahui yang dapat Anda gunakan untuk metode pencegahan.

Penyebab Depresi yang Harus Anda Ketahui

  • Kurangnya Berfikir Positif

Ketika seseorang mengalami depresi mereka selalu saja memfokuskan dan selalu merasa bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi dan hal tersebut akan muncul berulang kali. Ketika mereka selalu memfokuskan pada masalah yang akan terjadi mereka juga akan mengabaikan kesuksesan yang sudah mereka raih.

  • Selalu Merasa Lemah

Saat mereka selalu merasa lemah, mereka akan kehilangan harapan dan kebahagian mereka, meskipun pada umumnya mereka menyadari seperti apa diri mereka dalam keadaan normal namun mereka tak mau memperbaikinya. Mereka juga selalu mengesampingkan nasihat-nasihat dari keluarga dan juga teman –temannya.

  • Tidak Percaya Diri

Orang-orang yang mengalami depresi lebih memperhatikan kesalahan mereka dan tidak memiliki rasa percaya diri yang kuat. Sehingga masalah sekecil apapun yang ia hadapi akan menjadi suatu masalah besar dan selalu mengganggu keadaan psikologisnya.

Cara Mengatasi Depresi Berkepanjangan

Lantas bagaimana cara mengatasi depresi itu sendiri? Berikut adalah cara mengatasi depresi yang berkepanjangan.

Cara Mengatasi Depresi yang Harus Anda Ketahui

Mendekatkan Diri Kepada Tuhan YME

Cara pertama yang paling efektif adalah dengan cara selalu mendekatkan diri kepada Tuhan YME. Berdoalah dalam kondisi yang ikhlas dan sungguh-sungguh. Karena dalam kondisi ini tubuh manusia dapat menghasilkan hormon endorfin dan serotonin. Di mana kegunaan kedua hormon tersebut adalah untuk membuat seseorang merasa nyaman, tenang dan juga bahagia.

Self Acceptance (belajar menerima diri sendiri)

Saat depresi tubuh akan berusaha melawan rasa tidak nyaman yang menyerang. Oleh karena itu, hal terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara menerima kekurangan diri sendiri daripada selalu memikirkan cara untuk mengubah hidup Anda. Cobalah untuk hidup berdampingan dan damai dengan rasa tidak nyaman tersebut. Berfikir positif dan selalu menerima diri sendiri merupakan cara efektif untuk membantu mengatasi depresi.

Bercerita pada Keluarga atau Teman

Cara mengatasi depresi yang terakhir adalah dengan cerita pada keluarga atau sahabat. Cobalah untuk menceritakan masalah Anda pada keluarga ataupun teman. Karena dengan cara ini dapat membantu Anda untuk melepaskan segala beban dan emosi negatif yang mengganggu Anda setiap harinya.

Nah itulah beberapa cara mengatasi depresi yang berkepanjangan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan hal positf seperti beramal untuk memberikan energi positif dan kebahagian pada diri sendiri dan orang lain dan jangan lupa selalu mengucap syukur setiap hari. Karena bersyukur merupakan obat yang paling mujarab untuk mengatasi depresi.

Baca juga artikel menarik mengenai Dampak tidur terlalu lama.

terms: mengatasi depresi berkepanjangan, cara mengatasi depresi berkepanjangan