Cara Mengatasi Android Restart Sendiri

By Categories : Teknologi

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat pengguna smartphone semakin banyak termasuk di negara Indonesia. Hal ini dikarenakan fitur-fitur yang ditawarkan semakin menarik dan beragam. Selain itu harga smartphone sekarang sangatlah terjangkau sehingga membuat smartphone Android kini banyak diminati oleh semua kalangan. Dari mulai kalangan menengah ke atas hingga menengah ke bawah. Berkaitan dengan smartphone Android, pada penjelasan kali ini kami akan membahas mengenai cara mengatasi Android restart sendiri. Apakah Anda pernah mengalaminya ? Hal ini mungkin banyak dari beberapa pengguna Android pernah mengalaminya. Lantas apakah yang apa yang menjadi Android bisa merestart sendiri ?

Smartphone Android sering restart sendiri biasanya disebabkan karena beberapa hal diantaranya overheat, cahche yang menumpuk, karena virus, atau RAM yang sudah penuh.  Jika sudah seperti itu Anda tidak perlu khawati. Karena terdapat cara mudah untuk mengatasi permasalahan tersebut. Nah berikut ini akan kami jelaskan secara singkat cara mengatasi Android restart sendiri. Untuk lebih jelasnya langsung saja perhatikan ulasan berikut ini !

Inilah Cara Mengatasi Android Restart SendiriMengatasi Android Restart Sendiri

  1. Cara mengatasi Android restart sendiri yang pertama adalah dengan cara mencabut terlebih dahulu baterai eksternalnya. Setelah itu diamkan untuk beberapa detik, kemuadian pasang kembali.
  2. Setelah Android di hidupkan kembali maka selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberihkan cache atau data yang tersimpan. Sebagai cara alternatifnya, Anda bisa memasang aplikasi “Clean Master” yang berfungsi untuk membersihkan cache secara otomatis.
  3. Update aplikasi yang sudah terpasang karena hal ini dapat memicu Android dapat merestart sendiri.
  4. Menghapus aplikasi yang dirasa tidak penting atau tidak berguna lagi. Karena semakin banyak aplikasi yang akan membuat beban RAM yang semakin banyak. Maka dengan begitu tidak jarang Android akan mengalami restart dengan sendirinya.
  5. Mengganti memori eksternal, adapun caranya Anda cukup dengan melakukan format terhadap microSD digunakan pada smartphone Android Anda. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan android restart sendiri. Karena tidak jarang yang menyebabkan Android restart sendiri adalah kondisi microSD yang sudah rusak.
  6. Cara mengatasi Android restart sendiri adalah dengan melakukan wipe cache partition. Berkaitan dengan cara yang kedua tadi, cache itu sendiri merupakan data dari Anda menginstal atau uninstall sebuah aplikasi. Jika cache tersebut tidak dibersihkan dan telah rusak maka sering kali membuat Android sering restart sendiri. Nah untuk mengatasinya selain menghapus cache, Anda juga bisa menggunakan recovery mode.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi Android restart sendiri yang dapat Anda ketahui. Perlu Anda ingat kualitas Android tergantung dari cara penggunaannya . Baca juga artikel terkait lainnya Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Tidak Lemot