Cara Mengatasi Anak Ngompol Waktu Tidur

By Categories : Kesehatan

Ngompol atau noctural enuresis adalah di mana saat seseorang (biasanya bayi dan balita) buang air kecil tanpa ia sadari. Hal ini biasanya terjadi pada saat malam hari . Pada umumnya seseorang yang masih ngompol bisanya terjadi pada balita yang berusia di bawah 5 tahun. Hal ini tentunya adalah hal yang wajar. Lantas bagaimana jika seorang anak di atas 5 tahun msih mengompol? Hal ini tentunya sangat merepotkan bukan?

Cara Mengatasi Anak Ngompol Waktu Tidur

Namun, bagi anak Anda yang masih mengompol sebaiknya jangan memarahinya, sebab hal ini bukanlah kesalahan anak Anda saja. Ada beberapa faktor penyebab anak yang masih mengompol yaitu faktor keturunan, masalah psikologis, tidur terlalu nyenyak, gangguan hormon ADH, infeksi saluran kemih  atau ukuran kandung kemih kecil. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah cara mengatasi anak ngompol waktu tidur!

Cara mengatasi kebiasaan ngompol pada anak

Tidak perlu menghukum

Mempunyai anak yang masih mengompol adalah hal yang merepotkan. Meskipun begitu, Anda tidak boleh menghukum, menyalahkan, marah dan menunjukkan rasa jengkel  pada anak Anda. Sebaiknya berilah ia dukungan dengan cara menasehati dan memberikan pengarahan bahwa ngompol adalah kebiasaan yang tidak baik untuk dilakukan. Jika hal ini Anda tekankan pada anak Anda, tentunya ia akan mengerti dan akan mengurangi kebiasaan tersebut.

Baca juga permainan unik untuk merangsang minat belajar anak.

Memberi konsekuensi

Konsekuensi berbeda dengan hukuman. Jika anak Anda masih ngompol, Anda bisa memberikannya konsekuensi seperti mengganti spray dan mencuci pakaian bekas ngompol. Hal ini bertujuan agar si kecil sadar bahwa jika ia mengompol akan ada konsekuensi yang ia dapat. Namun jika anak Anda tidak mengompol pada malam hari, berikan pujian pada dirinya bahwa Anda bangga dan senang jika anak Anda tidak mengompol.

Ajak buang air kecil sebelum tidur

Sebelum tidur sebaiknya Anda membiasakan anak Anda untuk buang air kecil terlebih dahulu. Hal ini bertujuaan untuk membuang air yang ada di kandung kemih. Selain itu, Anda juga dapat memasang alarm 4-5 jam setelah tidur untuk bangun dan buang air kecil kembali. Hal ini bertujuan untuk agar anak  Anda tidak mengompol pada waktu malam hari.

Selain hal di atas, Anda juga dapat menggunakan bahan alami berikut ini!

Menggunakan juwet/duwet/jambang

Juwet merupakan buah yang warna dan ukurannya sama seperti anggur hitam dan memiliki rasa yang masam dan juga sepet. Orang Jawa percaya bahwa juwet dapat digunakan untuk menghentikan balita yang masih mengompol. Caranya, ambil juwet dan makan beserta bijinya setiap harinya. Jika tidak musim, Anda dapat menggunakan kulit pohon juwet untuk dijadikan sebagai ramuan. Yaitu ambil kulit pohon juwet, bersihkan dan masak dengan air hingga mendidih.

Nah itulah beberapa cara mengatasi anak ngompol pada waktu tidur.

Baca juga artikel lainnya mengenal pendidikan anak dalam keluarga.

terms: cara menghilangkan pengencing malam, Bagai mana cara biar anak tidak ngompol