Cara Mengatasi Alergi Kulit Gatal

By Categories : Kesehatan

Cara mengatasi gatal pada kulit dapat dilakukan dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Rasa gatal terhadap kulit dapat disebabkan berbagai faktor salah satunya adalah adanya alergi pada kulit, selain itu disebabkan pula oleh iritasi pada kulit. Oleh karena itu diperlukan cara khusus terhadap seseorang yang memiliki alergi pada kulit. Cara tersebut dapat diatasi dengan menggunakan cara alami. Lalu bagaimana caranya? Simak ulasan dibawah ini!

cara mengatasi alergi kulit gatal

Cara Mengatasi Alergi Kulit Gatal

Menggunakan Daun Salam

Bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi gatal pada kulit adalah daun salam. Daun salam berasal dari bahan alami. Cara penggunannya pun cukup mudah yaitu dengan cara membersihkan beberapa daun salam yang kondisinya masih segar, dengan cara menumbuk, kemudian setelah ditumbuk letakkan pada kulit yang terasa gagal. Dengan begitu rasa gatal akan berkurang dengan sendirinya.

Minum Wedang Jahe

Cara mengatasi alergi gatal berikutnya adalah dengan mengonsumsi wedang jahe. Wedang jahe merupakan salah satu minuman tradisional yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Ciri khas dari minuman ini adalah hangat ketika diminum dan dipercaya dapat mencegah masuk angin. Nah selain untuk mengatasi hal tersebut, ternyata jahe juga dapat digunakan untuk mengatasi alergi gatal pada kulit. Cara penggunaannya cukup mudah dengan cara merebus terlebih dahulu, kemudian saring air sebelum diminum.

Menggunakan Temu Hitam

Menggunakan temu hitam sebagai obat tradisional berikutnya. Seperti halnya dengan daun salam, cara penggunaan temu hitam pun cukup mudah. Tumbuklah temu hitam, selain temu hitam Anda juga dapat menggunakan temu kunci atau juga kunyit. Selanjutnya, setelah bahan alami tersebut halus, maka oleskan bahan tersebut pada kulit yang terasa gatal. Cara alami ini sudah dilakukan sejak lama.

Dengan Menjaga Lingkungan yang Bersih

Selain dapat meyehatkan lingkungan yang bersih juga dapat menghindarkan berbagai penyakit yang ada, salah satunya adalah terhindar dari gatal pada kulit. Namun di rumah tentu saja dapat menyebabkan alergi pada kulit, lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Sebaiknya Anda menghindari dari rak buku atau juga almari dengan cara membersihkan selalu. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghindari debu yang menumpuk dan juga kutu yang ada pada debu.

Mengurangi Makanan yang Dapat Memicu Alergi

Alergi pada kulit dapat dipicu oleh makanan tertentu yang dianggap dapat menyebabkan alergi. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengurangi makanan yang dapat memicu hal tersebut. Misal saja yang dapat memicu alergi pada kulit diantaranya adalah udang, kacang, telur, dan bahan makanan lainnya. Untuk menggantinya Anda dapat mengonsumsi buah dan sayuran seperti anggur, apel, tomat, jeruk, bayam, dan sayuran lainnya yang memiliki kadar alergi sedikit.

Nah itulah pembahasan mengenai cara mengatasi alergi kulit gatal, baca juga artikel terkait berikutnya Tanaman Anti Nyamuk

terms: cara mengatasi alergi kulit