Cara Mengajar yang Baik untuk Guru di Sekolah

By Categories : Pendidikan

Seorang guru atau instruktur atau dosen harus mampu menyampaikan materi yang diajarkan. Jika tidak, maka siswa akan susah untuk memahami apa yang guru sampaikan. Biasanya hal tersebut akan berefek pada siswa itu sendiri, seperti malas mengikuti pelajaran, bahakan sebagai guru Anda juga tidak disukai. Biasanya guru yang memberikan nilai baik akan menjadi pengajar yang favorit dan disukai siswanya, namun hal ini tidak akan mendidik  dan cenderung merugikan siswa. Berikut cara mengajar yang baik yang harus dipahami seorang guru.

Cara mengajar yang baik untuk guru

  1. Selama Menyampaikan Materi
  • Sebelum Anda menyampaikan materi di depan kelas maka pelajari kembali materi yang akan disampaikan. Jika perlu, buatlah rangkuman atau poin-poin penting pada materi tersebut. Hal ini untuk menghindari materi yang lupa disampaikan.
  • Buat rangkuman yang kemudian dapat dicopy oleh para siswa. Ini akan membantu siswa saat belajar di rumah dan di dalam kelas. Selain itu, dengan rangkuman tersebut siswa tidak harus membeli banyak buku. Jika mata pelajaran hitungan seperti matematika, maka berilah rumus yang simpel, ini dapat digunakan oleh siswa sebagai cara belajar matematika dengan mudah.

Cara Mengajar yang Baik untuk Guru di Sekolah

  • Siapkan soal latihan dengan kategori ringan, sedang, dan suah. Rangkum semua pertanyaan tersebut dalam sebuah file atau buku dan tandailah dengan memo. Ini merupakan cara mengajar yang baik tujua agar pertanyaan tersebut tidak disampaikan lagi pada pertemuan berikutnya.
  • Buat tabel nilai siswa dari absen siswa Anda. Dengan begitu Anda dapat mengetahui kemajuan siswa, apakah materi yang disampaikan mampu diserap dengan baik atau tidak, dan siswa mana yang harus dibimbing lebih ekstra dalam belajar.
  1. Saat di kelas
  • Saat berada di kelas cobalah untuk membuat suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan. Anda dapat latihan atau sharing kepada rekan guru yang lain bagaimana membuat suasana agar tetap menyenangkan. Cara mengajar yang baik diperlukan agar siswa mampu menerima materi dengan baik pula. Anda harus latihan agar cara berbicara, sikap, dan metode ajar Anda dapat diterima siswa.
  • Butlahlah kuis saat awal dan akhir menyampaikan materi. Ini dapat dijadikan indikator apakah materi yang pernah disampaikan dapat diterima dengan baik atau belum oleh siswa.
  • Cara mengajar yang baik untuk guru selanjutnya adalah sampaikan materi pada poin-poin penting saja, hindari materi yang terlalu bertele-tele. Untuk mata pelajaran hitung, banyaklah membuat contoh soal untuk dikerjakan.
  • Gunakan metode ajar yang labih interaktif seperti tanya jawab. Anda dapat memancing siswa agar lebih banyak bertanya. Selain itu, Anda dapat bersenda gurai agar suasana lebih menyenangkan.
  • Pekerjaan rumah dapat Anda berikan setiap kali mengakhiri materi. Perhatikan siswa apakah banyak yang mengerjakan atau tidak, menyontek, dan lain-lain. Jika memang demikian Anda dapat membuat soal yang berbeda disetiap siswa.

Itulah cara mengajar yang baik untuk guru yang perlu dipahami.

Baca juga artikel lainnya seperti cara mendidik anak agar lebih pintar.