Cara Mendidik Anak Agar Lebih Pintar Dan Cerdas

By Categories : Pendidikan

Cara mendidik anak sejak usia dini diperlukan agar anak dapat berfikir dengan baik serta memiliki IQ tinggi. Sebagai orang tua perlu namanya mengajarkan hal-hal yang bermanfaat sejak usia dini. Anak-anak biasanya cenderung menirukan hal-hal yang mereka lihat. Oleh sebab itu dibutuhkan lingkungan yang baik serta pengajaran dari orang tua agar si anak mendapatkan pengetahuan dan mampu bereksplorasi dengan bertanya. Beberapa cara mendidik perlu diketahui sejak mereka masih usia dini. Di bawah ini terdapat beberapa cara sederhana mendidik anak agar lebih pintar dan cerdas.

Cara Mendidik Anak Agar Lebih Pintar Dan Cerdas

Berikut Cara Mendidik Anak Agar Lebih Pintar dan Cerdas

Membacakan Cerita pada Anak

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Rosmarie Truglio yang merupakan pakar pendidikan menyatakan bahwa dengan membacakan cerita pada anak akan membuat sang anak lebih menyukai buku bacaan serta memberikan ketrampilan bahasa pada sang anak. Membacakan cerita dapat dilakukan setiap malam atau sebelum sang anak tidur. Apalagi jika memperkenalkan anak buku cerita lengkap dengan gambar yang menarik.

Mendengarkan Lagu

Cara mendidik anak agar lebih pintar dan cerdas berikutnya adalah dengan mendengarkan lagu. Alunan lagu akan membuat anak ingin mempelajari nada, syair, dan bunyi pada musik yang didengarkan. Genre musik klasik dan jazz dapat membantu meningkatkan IQ pada sang anak serta membantu untuk meningkatkan daya ingat. Hal ini tentunya bagus untuk perkembangan otak sang anak dengan memperkenalkan lagu atau musik sejak balita atau bahkan masih di dalam kandungan.

Belajar Bermain Musik

Cara berikutnya adalah dengan belajar musik. Belajar bermain musik membantu mempengaruhi perkembangan otak pada anak. Hal ini terbukti berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Toronto Univesity yang menyatakan bahwa belajar bermain musik dapat membantu meningkatkan kinerja dari otak kanan. Hal ini dapat diajarkan oleh orang tua mengenai pembelajaran musik selama 6 bulan untuk mengetahui hasilnya secara langsung. Musik menjadi hiburan paling mudah didapatkan dan akan memberikan gelombang positif bagi otak anak.

Berikan Sarapan Pagi

Ketika pagi hari sebaiknya anak-anak diberikan sarapan pagi. Sarapan pagi banyak memiliki manfaat untuk tubuh salah satunya adalah sebagai sumber energi tubuh. Dengan meluangkan waktu untuk sarapan otak akan mendapatkan suplai nutrisi, sehingga sang anak akan lebih konsentrasi ketika dia di sekolah. Untuk sarapan pagi menu yang dapat Anda berikan seperti roti dengan keju dan susu sapi. Ini tentunya akan membuat anak lebih cepat menanggapi dalam pembelajaran.

Kembangkan Rasa Ingin Tahu pada Anak

Rasa ingin tahu pada anak sebaiknya tetap Anda kembangkan. Sebagai orang tua Anda dapat menjelaskan beberapa hal kepada anak agar sang anak mengetahui suatu hal yang belum diketahui. Hal ini agar sang anak terus ingin mengetahuinya dengan ketertarikan apa yang mereka suka.

Nah demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai cara mendidik anak agar lebih pintar dan cerdas. Untuk waktu menonton televisi sebaiknya dikurangi dan jangan terlalu lama.

Baca juga artikel terkait lainnya Pentingnya pendidikan agama untuk anak.

Loading...