Cara Mencuci Jaket Kulit yang Benar

By Categories : Tips

Saat ini jaket kulit menjadi tren fashion tersendiri bagi sebagian orang, terutama pecinta motor. Jaket kulit menjadi andalan ketika bepergian menggunakan kendaraan roda dua. Penggunaan jaket kulit saat berkendara tentu akan membuat kondisi jaket akan mudah kotor karena lebih sering terkena debu jalanan. Untuk itu Anda harus sering mencuci atau membersihkan jaket kulit Anda.

Cara Mencuci Jaket Kulit

Namun sayangnya tidak semua orang mengetahui cara mencuci jaket kulit yang benar. Padahal jika salah dalam mencuci atau merawat jaket kulit maka kondisinya akan mudah rusak. Saat ini banyak jasa tempat cuci khusus jaket dengan tarif yang terjangkau, tetapi tidak ada salahnya jika Anda mengetahui cara mencuci yang benar.

Jaket kulit merupakan pakaian yang tidak hanya untuk menghangatkan badan atau melindungi tubuh dari sinar matahari, melainkan juga model jaket pria terpopuler agar Anda lebih bergaya. Memiliki jaket kulit juga harus mengetahui tentang bagaimana  cara merawatnya agar kualitas bahan lebih terjaga. Pada umumnya masalah yang sering terjadi pada jaket kulit adalah warna yang memudar, jamuran, dan aroma kurang sedap.

Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah jekat kulit yang sudah lama digunakan akan timbul kerutan dan lipatan pada bagian permukaan. Ini terjadi karena tekstur bahan kulit mengalami penuaan usia. Terlebih lagi jika jaket sering digunakan pada iklim kering maka dapat mengakibatkan pengerasan terhadap tekstur. Jaket kulit akan cendering tidak halus  dan kaku. Untuk mencegah hal tersebut berikut ini beberapa cara mencuci jaket kulit agar tetap dalam kondisi yang baik.

Cara mencuci jaket kulit

  • Hal yang perlu dilakukan pertama adalah dengan melakukan uji warna terlebih dahulu. Ini berguna untuk mengetahui apakah warna jaket bisa luntur atau masih kuat. Caranya adalah dengan menggunakan kain putih basah dan gosokkan pada pemukaan jaket. Jika warna terdapat noda melekat maka jaket kulit Anda sudah mulai luncur dan perlu berhati-hati dalam mencucinya.
  • Selanjutnya adalah hindari mencuci jaket kulit dengan mesin cuci. Hal ini karena akan membuat tekstur kulit mudah rusak dan jika sering dilakukan maka akan mudah terkoyak. Gunakan air dingin dan deterjen bubuk, jika terdapat noda membandel maka gunakan sikar lembut dan sikat secara perlahan pada bagian noda tersebut. Cara mencuci jaket dengan langkah ini cukup ampuh untuk menjaga kualitas bahan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sabun anti noda yang aman untuk warna pakaian.
  • Setelah dicuci Anda keringkan jaket kulit tersebut namun hindari tepapar sinar matahari secara langsung. Hal ini untuk menjaga kualitas warna agar lebih awet. Selain itu, cara pengeringan ini berguna untuk menghindari perubahan tekstur jaket kulit yang mengeras saat terkena panas berlebihan.

Tips memilih jaket kulit

Jaket berbahan kulit merupakan salah satu jenis pakaian yang paling dicari para penggemar jaket. Ada dua bahan yang paling populer, yakni bahan jaket yang terbuat dari kulit domba dan kulit sapi. Cara mencuci jaket kulit juga berbeda jika dilihat dari bahan yang digunakan. Namun perbedaan tersebut tidak terlalu signifikan. Namun bagi Anda penggemar jaket kulit, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli jaket kulit. Anda harus pastikan jika kulit yang digunakan adalah asli dan diproses secara baik. Hal ini karena meskipun bahan yang digunakan adalah kulit asli namun proses penyamakan kulit tidak baik maka jaket yang dihasilkan juga tentu kurang baik. Bagi seseorang yang belum berpengalaman dalam membeli jaket kulit tentu perlu berhati-hati karena saat ini banyak produk yang menawarkan jaket kulit yang sebenarnya bukan dari kulit asli. Berikut beberapa tips memilih jaket kulit asli.

  • Anda harus pastikan jika jaket kulit yang akan Anda beli adalah terbuat dari kulit domba atau sapi dengan kualitas bagus. Biasanya bahan yang terbuat dari kulit asli emiliki tekstur yang lembut, dan jika Anda menciumnya akan memiliki aroma yang khas.
  • Anda dapat mencoba menarik jaket kulit yang Anda pilih. Jika elastis atau melar maka sudah dipastikan bahwa jaket tersebut bukan berasal dari kulit asli.
  • Jaket kulit memiliki berat yang cukup ringan dibandingan dengan jaket yang terbuat dari kulit palsu.
  • Cara yang lebih ekstrim adalah dengan membakar sebagian kecil jaket kulit. Jika meleleh sudah dipastikan jika jaket kulit tersebut palsu. Jaket kulit asli jika dibakar tidak akan meleleh dan hanya mengeluarkan aroma yang khas.
  • Jaket kulit yang bagus adalah jaket kulit yang terbuat dari kulit domba. Jika dibandingkan dengan kulit sapi, jaket kulit domba akan lebih ringan dan nyaman dipakai. Perlu Anda ketahui jika jaket yang terbuat dari bahan kulit sapi cenderung kaku dan lebih berat.
  • Pilihlah jaket kulit yang memiliki desain yang simpel dan klasik. Jaket kulit yang terlalu banyak model justru akan mudah rusak dibagian jahitan sambungan.

Itulah cara mencuci jaket kulit yang bisa Anda coba di rumah. Perawatan yang baik pada jaket kulit juga sangat berpengaruh terhadap umur dan tekstur jaket Anda.

Loading...
terms: kumpulan cara mencuci jaket kulit, cara mencuci jaket kulit, caramencucijaketkulit