Cara Mencegah Penyakit Stroke

By Categories : Kesehatan

Stroke merupakan penyakit berbahaya yang dapat mengancam setiap manusia. Gaya hidup tidak sehat menjadi salah satu faktor utama seseorang terkena penyakit berbahaya ini. Pengertian stroke sendiri merupakan pecahnya pada pembuluh darah atau arteri darah yang menuju ke otak. Akibat hal tersebut beebrapa sistem saraf di otak akan ikut mengalami masalah. Yang berbahaya dari penyakit ini adalah seseorang dapat mengalami susah untuk bergerak dan juga berbicara. Biasanya penyakit ini menyerang seseorang yang sudah berusia. Lalu Bagaimana cara mencegah penyakit berbahaya ini? Simak ulasannya!

cara mencegah penyakit stroke

Cara Mencegah Penyakit Stroke

Mengatur Jadwal Olahraga

Olahraga merupakan salah satu kegiatan fisik yang dapat menyehatkan tubuh. Dengan berolahraga secara otomatis sistem kekebalan pada tubuh ikut meningkat yang dapat terhindar dari berbagai penyakit. Secara spesifik olahraga dapat menyehatkan jantung, dan juga menormalkan tekanan dalam darah. Oleh sebab itu sebaiknya lakukan olahraga di pagi hari sebelum melakukan aktivitas seharian.

Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Seseorang yang terkena stroke rata-rata jarang memperhatikan makanan yang mereka konsumsi. Seperti halnya makanan yang mengandung kolesterol tinggi, dan juga makanan cepat saji. Dalam hal ini makanan yang sehat adalah mengonsumsi makanan yang berasal dari sayuran hijau yang sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh. Selain itu Anda juga dapat menambahkannya dengan buah-buahan untuk menghindari penyakit stroke. Baca juga Manfaat Minyak Zaitun

Menjauhi Minuman Beralkohol

Usahakan untuk menjauhi minuman beralkohol untuk menjauhi berbagai ancaman penyakit yang disebabkan minuman ini. Minuman beralkohol dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya pada tubuh. Selain dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal, minuman beralkohol juga dapat menyebabkan penyakit stroke.

Menjauhi Kebiasan Buruk Merokok

Tidak hanya minuman beralkohol saja, melainkan kebiasaan merokok harus dihilangkan. Merokok dapat menimbulkan efek serius dalam kesehatan. Meskipun dalam jangka waktu panjang, tetapi merokok tidak bisa dianggap hal sepele. Merokok dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan juga dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit stroke.

Memeriksan Tensi Tekanan Darah secara Rutin

Memeriksa tekanan darah merupakan cara berikutnya untuk mencegah penyakit stroke.Dengan menggunakan cara ini seseorang akan mengetahui seberapa tekanan darah tinggi mereka entah itu bisa normal, rendah, bahkan tinggi.

Kurangi Makanan Asin atau Garam

Mengonsumsi makan makanan yang mengandung garam tinggi atau asin dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi ini dapat menyebabkan resiko terkena penyakit stroke. Oleh karena itu bagi seseorang usia lanjut atau yang sudah berumur alangkah baiknya untuk mengurangi makanan yang terlalu asin. Langkah ini juga dapat dilakukan seseorang dengan usia produktif, untuk mencegah stroke sejak usia dini.

Itulah beberapa pembahasan mengenai cara mencegah penyakit stroke yang dapat dilakukan sejak usia dini. Mengingat stroke merupakan penyakit berbahaya, alangkah baiknya untuk tetap menjaga pola hidup sehat. Baca juga Gaya Hidup Sehat Alami