Cara Mencegah Penyakit Diabetes

By Categories : Kesehatan

Diabetes merupakan penyakit serius yang sampai saat ini semakin banyak penderita di dunia. Banyak orang yang terdiagnosis penyakit berbahaya ini. Diabetes dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya seperti faktor keturunan yang dapat diturunkan ke generasi selanjutnya, faktor pola hidup, dan juga kurang berolahraga.

Penyakit diabetes atau kencing manis ini diakibatkan karena gangguan pada metabolisme tubuh. Dimana organ pancreas yang memproduksi hormon insulin tidak mampu lagi memproduksi hormon tersebut yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan tingginya kadar gula di dalam darah, maka kurangnya manfaat gula sebagai sumber energi tubuh. Terdapat banyak dampak buruk penyakit ini salah satunya adalah jika terkena luka maka akan susah untuk sembuh. Nah bagi Anda yang belum terlambat. Di bawah ini adalah cara mencegah penyakit diabetes.

cara mencegah penyakit diabetes

Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Menghindari Minuman dan Makanan Manis

Minuman yang terlalu manis dapat menyebabkan kadar gula dalam darah naik. Nah bagi Anda yang memiliki riwayat atau keturunan penyakit diabetes alangkah baiknya untuk tetap mengontrol dan menghindari minuman dan makanan manis dalam jumlah yang berlebihan. Jika Anda ingin mengonsumsi dengan rasa manis sebaiknya Anda memasak sendiri dengan menggunakan gula yang berasal dari jagung.

Perubahan Gaya Hidup menjadi Lebih Sehat

Perubahan gaya hidup sangat penting dalam mencegah terjadinya penyakit diabetes. Pada umumnya penyakit ini menyerang seseorang sudah berusia di atas 30an. Perubahan gaya hidup merupakan obat paling ampuh dalam melawan berbagai penyakit termasuk diabetes. Oleh karena itu mulanya yang tidak mengontrol dalam mengonsumsi makanan, sebaiknya Anda lebih mengontrolnya untuk menjaga kesehatan. Dan perlu diingat hindarilah juga makanan yang bersifat instan, karena makan-makanan tersebut dapat memicu kegemukan yang dapat mengakibatkan terkena diabetes.

Melakukan Olahraga secara Teratur

Selain perubahan gaya hidup atau pola hidup yang baik, melakukan olahraga secara teratur juga efektif dalam mencegah penyakit diabetes. Dengan olahraga teratur minimal 3 sampai 5 kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko diabetes. Banyak olahraga yang dapat dilakukan dalam membakar lemak, seperti lari pagi, senam, yoga, dll. Selain dapat mengurangi resiko diabetes, berolahraga juga dapat menyehatkan badan dan juga aman dari serangan penyakit jantung. Baca juga Tips Mengatasai Kebotakan pada Pria

Menjaga Berat Badan

Obesitas atau kegemukan dapat menghampiri siapa saja. Kegemukan dapat memicu berbagai macam penakit termasuk diabetes. Untuk menjaga berat badan sebaiknya dilakukan dengan berolahraga, dan juga mengatur pola hidup atau gaya hidup. Perlu diingat juga bahwa dengan kegemukan ototmatis akan terjadi penimbunan lemak di dalam tubuh terutama di daerah pinggang yang dapat menghambat kinerja dari pancreas yang dapat menimbulkan resistensi sel terhadap insulin. Akibatnya gula darah akan meningkat secara drastis.

Memperbanyak Makan Sayuran

Anda perlu mengimbangi menu makanan dengan sayuran hijau. Perbanyaklah mengonsumsi sayuran untuk mengurangi resiko terkena diabetes. Sayuran yang dapat Anda konsumsi seperti bayam, brokoli, wortel, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi. Sayuran sangat dibutuhkan oleh tubuh dan berfungsi juga untuk menjaga kesehatan.

Itulah pembahasan mengenai cara mencegah penyakit diabetes. Yang terpenting untuk menghindari diabetes adalah pola makan, menghindari stres, pola hidup, dan juga berolahraga. Baca juga Manfaat Ikan Salmon

Loading...