Cara Mencegah Mabuk Kendaraan saat Perjalanan Jauh

By Categories : Tips

Saat lebaran akan tiba, salah satu hal yang sering dilakukan setiap orang adalah mudik atau pulang kampung. Hal ini tentunya adalah hal yang sangat menyenangkan karena selain dapat menikmati pemandangan yang berbeda kita juga dapat berkumpul dengan keluarga besar. Akan tetapi tidak semua orang dapat menikmati perjalanan mereka dikarenakan mudah mengalami mabuk kendaraan. Mabuk kendaraan merupakan salah satu hal yang paling mengganggu.

Cara Mencegah Mabuk Kendaraan1

Hal ini dikarenakan saat mabuk, biasanya seseorang tersebut akan mengalami kondisi tubuh yang dapat membuat tidak nyaman, seperti muntah, sakit kepala, mual, keringat dingin dan juga lemas. Hal ini disebabkan karena terganggunya sistem keseimbangan tubuh. Tak hanya anak-anak, para orang tua juga sering mengalami hal yang satu ini. Namun Anda jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mencegahnya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara mencegah mabuk kendaraan saat perjalanan jauh,

Tips ampuh mencegah mabuk kendaraan

Makan sebelum melakukan perjalanan

Saat akan melakukan perjalanan baik perjalanan darat, laut maupun udara pastikan Anda sudah mengosnumsi makanan. Karena saat melakukan perjalanan dalam perut kosong, ini akan membuat perut menjadi mual dan tidak nyaman. Akan tetapi jangan terlalu kenyang dalam mengonsumsi makanan. Kondisi perut yang kekenyangan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mabuk atau muntah. Sebaiknya konsumsilah makanan ringan dan hindari makanan berat seperti makanan berlemak, makanan asam ataupun makanan yang megandung gula tinggi.

Minum obat anti mabuk

Bagi Anda yang sering mengalami mabuk saat melakukan perjalanan, minum obat anti mabuk adalah cara terbaik untuk mencegah mabuk. Sebaiknya minumlah obat tersebut satu jam sebelum Anda melakukan perjalanan. Akan tetapi jika Anda menyetir, mengonsumsi obat-obatan tersebut tidak dianjurkan. Karena biasanya salah satu efek samping obat adalah dapat menyebabkan kantuk.

Hindari membaca buku

Cara mencegah mabuk kendaraan adalah menghindari membaca buku ataupun melakukan hal yang dapat memfokuskan mata ke satu titik seperti, sms-an ataupun menonton video. Hal tersebut justru akan membuat Anda cepat pusing. Untuk menyiasatinya Anda dapat melihat pemandangan luar ataupun mendengarkan musik kesukaan Anda. Melihat pemandangan ataupun mendengarkan musik sangat berguna untuk membuat perasaan Anda semakin rileks.

Hirup udara segar

Yang harus Anda ketahui adalah kurangnya kadar oksigen di dalam kendaraan merupakan salah satu penyebab mabuk perjalanan dan menurunnya daya tahan tubuh. Saat Anda melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi, Anda dapat membuka jendela agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancar.

Beristirahat

Selanjutnya adalah manfaatkan waktu beristirahat. Ambillah waktu istirahat setiap 4 hingga 5 jam sekali. Gunakan waktu istirahat tersebut untuk melemaskan otot-otot yang tegang dengan cara relaksasi ringan ataupun dengan cara bercanda bersama keluarga.

Nah itulah beberapa cara mencegah mabuk kendaraan yang dapat Anda coba. Baca juga artikel mengenai Cara menjaga kesehatan paru-paru.