Cara Menawar Barang Saat Belanja di Malioboro

By Categories : Tips, Wisata

Berwisata ke Jogja belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Malioboro atau pusat belanja barang murah.  Malioboro adalah  pasar yang terletak di jantung utama di kota yogyakarta ini merupakan salah satu tempat favorit yang banyak dikunjungi bagi para wisatawan entah  lokal ataupun luar negeri. Jika Anda ingin berbelanja di pasar Malioboro Yogyakarta, ketahui bahwa ada hal unik yang ada di Malioboro adalah mayoritas pedagang tidak menerapkan harga pas untuk barang yang mereka jual. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin belanja perlunya sekali mengetahui cara menawar barang saat belanja di Malioboro. Hal ini bertujuan agar kita mendapatkan harga termurah. Ingin tahu caranya bagaimana ? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini !

Cara Menawar Barang di Malioboro

Cara Menawar Barang Saat Belanja di Malioboro

Berkomunikasi Dengan Menggunakan Bahasa Jawa
Cara menawar barang saat belanja di Maliboro yang pertama adalah dengan berkomunikasi menggunakan bahasa jawa ketika saat menawar. Ketika belanja di Malioboro tentu saja Anda akan berkomunikasi dengan para pedagang yang mayoritas berbahas jawa. Oleh karena itu dengan Anda menggunakan bahasa jawa ketika menawar maka akan membuat lebih akrab. Maka dengan begitu proses tawar menawar lebih enak dan tentunya Anda akan mendapatkan harga yang paling murah sesuai dengan yang Anda inginkan.

Meminta Bantuan Orang Asli Jogja
Untuk kali ini sangat penting untuk dilakukan, terutama bagi Anda yang kesulitan berbicara bahasa jawa yaitu dengan meminta bantuan orang asali Jogya ketika menawar barang. Karena kebanyakan pedagang di Malioboro sering kali mematok harga yang sangat tinggi bagi para pendatang dari luar daerah Yogyakarta khususnya wisatawan asing. Maka dengan meminta bantuan atau mengajak orang asli Yogyakarta ketika belanja, kemungkinan Anda akan mendapatkan harga jauh lebih murah dari harga yang ditawarkan.

Mencari Informasi Harga Barang
Jangan pernah sungkan untuk mencari informasi harga barang melalui internet sebelum membeli. Karena dnegan bekal informasi ini sangat bermanfaat bagi Anda ketika saat belanja di Malioboro. Selain itu akan memudahkan Anda pada saat proses tawar menawar  dengan pedangan sehingga mendapatkan harga yang relatif murah dari harga yang di tawarkan.

Menawar dengan Cara Bertingkat Bawah
Dalam hal ini maksudnya adalah ketika Anda menawar cobalah dengan harga yang paling rendah atau harga sepertiga dari harga yang ditawarkan. Baru nanti kita tingkatkan dikit demi sedikit menaikkan harga sampai harga maksimum yang  inginkan. Dengan bahasa yang ramah dan akrab akan mempermudah proses penawaran.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai cara menawar barang saat belanja di Malioboro yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel terkait lainnya Oleh-oleh Khas Jogyakarta Paling Favorit