Cara Menanam Bunga Melati Di Dalam Pot

By Categories : Tips

Pada pembahasan kemarin membahas mengenai beberapa cara menanam bunga mawar, pada kesempatan kali ini membahas mengenai beberapa cara menanam bunga melati. Bunga melati merupakan salah satu bunga hias yang banyak disukai kebanyakan orang. Tak heran jika banyak orang menanam dan merawat bunga tersebut di halaman rumah atau di dalam pot.

Untuk menanam bunga melati tidak terlalu rumit dan cenderung mudah ketika mengetahui cara-caranya. Kebanyakan alasan orang menanam dan merawat bunga melati karena indah serta memiliki bau harum yang khas. Nah untuk Anda yang kebetulan ingin menanam bunga melati dan belum mengetahui bagaimana saja cara menanamnya, jangan khawatir. Di bawah ini terdapat beberapa cara menanam bunga melati.

Menanam Bunga Melati Di Dalam Pot

Berikut Beberapa Cara Menanam Bunga Melati

Cara menanam bunga melati yang pertama adalah dengan menyiapkan pot terlebih dahulu. Usahakan untuk menggunakan pot yang memiliki pori-pori seperti pot yang berbahan dari tanah liat. Meski harus menggunakan pot dengan bahan lain, usahakan untuk memberikan lubang pada pot yang bertujuan agar air dapat meresap, sehingga oksigen di dalam tanah agar tetap terjaga.

Selain menggunakan media pot, Anda juga bisa menanam bunga melati di kebun Anda dengan cakupan area yang lebih luas. Selain memilih pot, jangan lupa untuk siapkan tanah humus beserta pupuk untuk membantu bunga melati dapat tumbuh subur. Langkah berikutnya adalah dengan memberikan tanah, pupuk organik pada pot dengan perbandingan 1 : 1.

Setelah pemberian tanah dan pupuk masukan bibit bunga melati yang Anda pilih ke dalam pot dengan cara menekan secara perlahan dan tambahkan tanah humus sedikit demi sedikit. Siram dengan air secukupnya, dan jangan lupa untuk meletakkan pot di tempat yang teduh terlebih dahulu sampai dengan bunga melati tumbuh daunnya. Ketika sudah tumbuh daunnya, barulah pot dapat diletakkan pada tempat yang terkena sinar matahari cukup.

Untuk cara perawatan bunga melati cukup mudah untuk umur melati sekitar 1 bulanan setelah ditanam biasanya akan ditumbuhi rumput liar atau gulma. Bersihkan rumput liar tersebut agar melati tetap dapat tumbuh subur. Untuk proses penyiraman dapat dilakikan 1 sampai 2 kali dalam sehari yakni tiap pagi dan sore hari.

Proses penyiraman sebaiknya menyiram pada bagian bawah guna menghindari daunnya basah. Ketika daun bunga melati basah, sinar matahari justru dapat membakarnya yang mengakibatkan bunga jadi layu. Perlu diketahui juga menghindari penyiraman yang berlebihan. Sementara proses pemupukan dapat dilakukan sebelum pemangkasan atau juga sesudah bunga dipetik dengan aturan sebulan sekali.

Proses pemangkasan sendiri sangat berguna agar tanaman tersebut dapat tetap terjaga dan tumbuh dengan baik dengan memotong tangkai yang tumbuh tidak teratur. Adapaun tujuan lain dari proses pemangkasan ini adalah untuk merangsang agar tanaman cepat berbunga. Sedangkan untuk Anda yang merawat bunga melati di dalam rumah sebaiknya tetap memperhatikan kelembaban suhu antara 30 sampai 45 derajat. Anda bisa menggunakan pelembab dengan menyemprotkan ke tanaman secara berkala.

Nah demikianlah tadi beberapa cara menanam bunga melati di dalam pot yang bisa Anda ketahui. Untuk melati yang ditanam dengan media pot yang diletakkan di dalam ruangan, usahakan untuk terkena pancaran sinar matahari yang cukup. Biasanya kebanyakan orang meletakkan di dekat jendela yang terkena pancaran sinar di pagi hari. Baca Juga Arti Warna pada Bunga Mawar

loading...
terms: cara menanam bunga melati