Cara Menanam Bunga Mawar di Dalam Pot

By Categories : Tips

Bunga mawar merupakan bunga tradisional yang indah dengan bau harum yang semerbak. Bunga mawar menjadi bunga yang banyak ditanam oleh masyarakat Indonesia. Namun di dalam menanamnya Anda perlu berhati-hati, mengingat bunga ini memiliki duri. Untuk menanam bunga mawar sebenarnya tidak terlalu rumit, asalkan mengetahui cara-caranya. Hal yang dibutuhkan dalam menanam bunga mawar ialah perhatian serta tempat cerah dengan memiliki drainase yang baik. Lalu bagaimana cara menanam bunga mawar yang benar? Untuk mengetahuinya silahkan di simak pada pembahasannya di bawah ini!

Cara Menanam Bunga Mawar

Berikut Cara Menanam Bunga Mawar yang Benar

Sebelum menanam bunga mawar pada kebun atau halaman di rumah, sebaiknya Anda perlu mengecek jenis mawar apa yang bisa tumbuh dengan baik di wilayah Anda. Dengan mengetahui jenis bunga mawar yang bisa tumbuh, Anda dapat mencoba untuk menanamnya. Salah satu jenis mawar yang bisa ditanam adalah mawar miniatur. Mawar Miniatur bisa tumbuh dimana saja, jenis mawar ini cocok untuk ditanam ke dalam pot.

Setelah menentukan jenis atau tipe mawar apa yang akan ditanam, langkah berikutnya adalah menetukan cara untuk menanam. Untuk cara menanam, Anda dapat melakukannya dengan cara stek batang, menggunakan biji, ataupun bisa juga dengan metode okulasi. Untuk cara yang banyak digunakan orang untuk menanam bunga mawar adalah dengan stek batang di dalam pot. Cara menanam bunga mawar stek dengan menggunakan pot lebih mudah. Namun terdapat hal yang perlu diperhatikan yaitu menggunakan tanah humus serta proses drainase yang baik.

Untuk proses pemilihan pot, pilihlah pot yang terbuat dari semen cor, tembikar atau tanah liat yang memiliki pori-pori dan lembab. Pot yang menggunakan bahan tersebut memiliki suplai oksigen cukup. Berbeda dengan pot yang menggunakan plastik yang memiliki suplai oksigen kurang, sehingga dapat menyebabkan akar bunga mawar menjadi mudah busuk.

Selanjutnya, untuk pemilihan stek usahakan pilih batang yang ada di bagian tengah ranting dan hindari memilih stek batang yang masih muda. Batang yang masih muda akan lebih susah tumbuh dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Setelah memilih stek batang bunga mawar pada bagian tengah ranting yang bercabang, letakkan batu-batu kecil di dasar pot yang berguna agar air dapat meresap keluar.

Langkah selanjutnya adalah masukkan tanah humus yang sudah diberi pupuk ke dalam pot. Tancapkan batang bunga mawar ke dalam pot dan siram air secara perlahan. Kemudian taruh pot beserta bunga mawar yang baru ditanam di tempat yang lembab dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Setelah tunas tumbuh, barulah pindah pot ke tempat yang terkena sinar matahari cukup guna proses fotosintesis. Baca Juga Jenis Tanaman Hias Indoor Paling Populer

Setelah umur 1-2 bulan, menyiram bunga dilakukan pada pagi dan sore hari. Jangan lupa untuk melakukan pemangkasan pada bagian bunga yang dikiranya tidak perlu guna merangsang agar lebih rajin berbunga. Untuk proses penyiraman dilakukan pada bagian tanahnya saja dan hindari penyiraman pada bagian daunnya, karena pada bagian tersebut rawan kering jika terkena air.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai cara menanam bunga mawar dengan menggunakan media pot yang terbuat dari tanah liat, tembikar atau semen cor yang memiliki pori-pori. Baca Juga Tanaman Pengusir Nyamuk

Loading...