Cara Menambah Berat Badan yang Efektif

By Categories : Tips

Memiliki berat badan ideal menjadi keinginan setiap orang, pasalnya berat badan berlebih kerap menjadi hal mengerikan untuk masalah penampilan begitu pula dengan badan kurus. Untuk kaum wanita cenderung lebih suka pria yang berisi dengan berat badan ideal. Tubuh terlalu kurus cenderung terlihat kurang menarik sama seperti tubuh kelebihan berat badan. Untuk menambah berat badan dapat dilakukan dengan mencukupi asupan nutrisi dari makanan sehat. Selain itu Anda juga dapat mencoba beberapa cara menambah berat badan berikut ini.

Cara Menambah Berat Badan yang Efektif

Inilah Cara Menambah Berat Badan yang Efektif

  • Mencukupi Kebutuhan Karbohidrat

Cara menambah berat badan yang efektif pertama adalah mencukupi kebutuhan karbohidrat harian Anda. Sumber karbohidrat dapat Anda dapatkan melalui sumber makanan nabati seperti sayur sayuran, buah buahan, nasi, sampai dengan sumber makanan hewani seperti daging. Roti yang berbahan dasar gandum juga bisa menjadi alternatif Anda untuk mendapatkan sumber karbohidrat. Namun perlu diingat bahwa jangan berlebihan dalam mengonsumsinya, karena justru dapat menimbulkan obesitas atau kegemukan.

  • Cukupi Kebutuhan Lemak untuk Tubuh

Cara berikutnya untuk menambah berat badan adalah dengan mencukup kebutuhan lemak pada tubuh. Lemak tak jenuh ganda seperti omega 3 bisa Anda dapatkan melalui ikan salmon maupun dari kacang kenari, sedangkan untuk lemak omega 6 bisa Anda dapatkan melalui beberapa sumber nabati seperi minyak kelapa, jagung, dan minyak biji.

  • Mulai Berhenti Merokok

Banyak perokok aktif yang memiliki badan kurus akibat dari kebiasaan merokok dirinya. Ini dikarenakan rokok mengandung banyak zat berbahaya yang membuat seseorang menjadi kurang nafsu makan. Nafsu makan yang kurang tersebut yang membuat perokok aktif susah untuk memiliki tubuh gemuk. Untuk mengatasinya silahkan hentikan kebiasaan buruk seperti merokok.

  • Minum Susu Sapi

Cara alternatif lainnya adalah dengan cara minum susu sapi. Susu sapi dapat Anda minum meskipun sudah dewasa. Susu sapi mengandung protein alami yang baik untuk tubuh. Selain itu susu sapi juga masuk ke dalam daftar menu 4 sehat 5 sempurna. Minum susu sapi pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

  • Kurangi Minum Kopi

Bagi Anda yang suka dengan minum kopi, sebaiknya mulai menguranginya jika ingin melakukan program penambahan berat badan. Kandungan kafein di dalam kopi membuat seseorang mengalami kecanduan untuk terus minum serta mengurangi nafsu makan. Nafsu makan yang rendah, ditambah keinginan untuk minum kopi membuat asam lambung naik yang berakibat pada sakit maag.

  • Melakukan Olahraga

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan olahraga. Meskipun sudah banyak mengonsumsi makanan sehat, tetapi jika tidak diimbangi dengan olahraga maka akan terasa percuma. Untuk menambah berat badan tubuh agar terlihat ideal sebaiknya diimbangi dengan melakukan olahraga secara rutin.

Demikianlah tadi beberapa cara menambah berat badan yang efektif yang bisa diketahui. Baca juga artikel tentang Jenis diet untuk turunkan berat badan.