Cara Mempertajam Daya Ingat

By Categories : Kesehatan

Memiliki otak jenius adalah impian bagi setiap orang. Walaupun begitu hanya beberapa orang yang memiliki otak yang jenius. Salah satu ciri dari seseorang yang jenius adalah mampu menyelesaikan masalah serumit mungkin. Namun Anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut, karena ada beberapa tips yang berguna untuk mempertajam daya ingat. Memiliki daya ingat yang tajam tentu sangat menyenangkan, karena ketika lupa menaruh sesuatu tentu akan cepat ingat. Oleh sebab itu memiliki daya ingat tajam sangat dibutuhkan dalam semua kondisi dan juga keadaan. Bagi Anda yang menginginkan daya ingat yang tajam, alangkah baiknya jika membaca tips berikut ini!

tips mempertajam daya ingat

Cara Mempertajam Daya Ingat

Melakukan Senam Otak

Disela-sela aktivitas yang padat Anda, usahakan tetap untuk senam otak. Senam otak ini dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan cara memberikan pertanyaan kepada diri Anda sendiri, Setelah terdapat pertanyaan, maka Anda harus menjawab pertanyaan tersebut. Misal saja pertanyaan tersebut seperti 10 barang yang ada di rumah, kampus, atau juga di tempat kerja Anda.

Mencukupi Kebutuhan Air Putih

Cara mempertajam daya ingat yang berikutnya adalah dengan cara mencukupi kebutuhan minum air putih. Semua organ dalam tubuh memerlukan cairan yang cukup termasuk organ otak. Jika kekurangan akan cairan maka tubuh mengalami dehidrasi, dan juga mengurangi kinerja sehingga kurang optimal. Oleh sebab itu Anda perlu minum air putih dalam jumlah yang cukup. Perlu diingat minum air putih minimal dalam sehari adalah minimal 8 gelas, untuk mendapatkan manfaat yang terbaik. Baca juga Dampak Buruk Menggunakan Earphone

Mengonsumsi Makanan Otak

Seperti halnya dengan tubuh yang memerlukan makanan sehat untuk dikonsumsi, tapi otak juga memerlukan nutrisi yang baik agar bekerja secara optimal. Jenis makanan yang baik untuk otak misalnya seperti bayam, dan juga sayur-sayuran yang berwarna hijau lainnya. Selain itu Anda juga dapat mengonsumsi ikan, ikan tersebut misalnya seperti ikan salmon yang juga mengandung omega-3.

Mengistirahatkan Jeda Istirahat pada Otak

Kelelahan otak yang berlebih, dapat mengurangi kinerja otak sehingga akan kurang maksimal. Oleh sebab itu untuk memaksimalkan kinerja otak Anda sebaiknya Anda perlu mengistirahatkan otak Anda dalam beberapa saat. Pada umumnya kinerja otak sudah digunakan selama 8 jam sehari, nah setelah itu sebaiknya istirahatkan agar lebih fresh atau segar dalam mengingat sesuatu.

Bermain Teka-Teki Silang

Yang satu ini juga bisa melatih otak Anda untuk mengasah dalam hal daya ingat. Seperti hal di atas otak jenius mampu menyelesaikan suatu permasalahan yang sangat rumit. Nah bagi Anda yang ingin melatih otak Anda agar tetap mau berpikir adalah dengan cara membiasakan bermain teka-teki silang. Anda dapat bermainan permainan ini melalui majalah, atau juga koran.

Itulah tadi pembahasan mengenai cara mempertajam daya ingat yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Baca juga artikel lainnya Makanan yang Mengandung Protein Tinggi