Cara Memilih Power Bank Berkualitas

By Categories : Teknologi

Power bank menjadi alternatif bagi pengguna smartphone ataupun tablet ketika berada di luar ruangan. Dengan hadirnya power bank dapat membantu proses pengisian daya baterai sebuah perangkat gadget. Dengan memiliki berbagai fungsi membuat perangkat elektronik seperti smartphone banyak digunakan di kalangan masyarakat. Hampir semua orang memiliki perangkat smartphone. Hal ini dikarenakan saat ini banyak vendor yang menawarkan smartphone murah dan berkualitas.

Dengan banyaknya pengguna smartphone membuat banyak perusahaan elektronik yang juga memproduksi power bank. Kehadiran power bank sangat dibutuhkan dan cocok bagi mereka pengguna gadget. Dengan banyaknya merk power bank yang tersedia di pasaran, membuat Anda perlu teliti ketika akan membelinya. Dengan mengetahui cara dalam membeli power bank membuat resiko kecewa lebih rendah. Lantas apa saja cara memilih power bank berkualitas? Ketahui pada pembahasannya di bawah ini!

Power Bank

Berikut Cara Memilih Power Bank Berkualitas

Menentukan Kapasitas Power Bank

Cara memilih power bank berkualitas yang pertama adalah dengan menentukan kapasitas power bank. Saat ini banyak macam merk power bank terkenal yang menawarkan berbagai kapasitas yang berbeda. Kapasitas power bank sebaiknya disesuaikan dengan perangkat elektronik yang akan digunakan. Ini dikarenakan setiap smartphone atau tablet memiliki kapasitas mAh baterai yang berbeda. Sebagai contoh untuk baterai dengan kapasitas 1500 mAh dapat memilih power bank dengan kapasitas 4000 mAh. Dengan kapasitas tersebut dapat digunakan untuk dua kali pengisian.

Tentukan Merk Power Bank

Cara yang kedua adalah dengan menentukan merk power bank. Merk menjadi hal yang patut diperhatikan ketika akan memberik barang termasuk juga power bank. Saat ini terdapat banyak merk power bank berkualitas yang beredar di pasaran. Merk-merk power bank misalnya Hippo, Advan, Sony, Xiaomi, dan banyak lagi. Selain menentukan merk, jangan lupa untuk membelinya di toko resmi yang bisa dipertanggung jawabkan ketika terdapat masalah yang terduga.

Perhatikan Garansi Resmi

Cara memilih power bank berkualitas berikutnya adalah dengan memperhatikan garansi resmi power bank. Setiap pembelian resmi perangkat elektronik biasanya disertai dengan garansi resmi yang diberikan oleh pabrikan. Dengan adanya garansi resmi dari pabrikan, jika terjadi sesuatu dapat dibawa langsung ke tempat service centre secara gratis selama masih dalam garansi serta masalah yang diakibatkan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Fitur yang Dimiliki

Biasanya di dalam merk-merk tertentu memiliki fitur yang bervariasi. Salah satu fitur yang dimiliki adalah over charging protection yang membuat pengisian akan terputus secara otomatis ketika pengisian daya pada power bank sudah penuh. Dengan fitur ini membuat power bank lebih tahan lama dan awet.

Menyesuaikan dengan Dana

Cara yang terakhir dalam memilih power bank adalah menyesuaikan dengan dana yang dimiliki. Dana sangat menentukan dalam pembelian barang elektronik termasuk juga power bank. Oleh sebab itu ketika akan membeli power bank alangkah baiknya untuk membandingkan antara merk power bank satu dengan merk power bank lainnya. Biasanya setiap merk meski kapasitas sama memiliki harga bandrol yang berbeda.

Demikian tadi beberapa cara memilih power bank berkualitas yang dapat Anda ketahui sebelum membelinya. Baca Tips Merawat Printer Agar Lebih Awet