Cara Memilih Memory Card untuk Smartphone

By Categories : Teknologi

Bagi para pengguna smartphone, kapasitas memory memang menjadi hal yang sangat penting. Terlebih lagi jika menyimpan foto, video kualitas HD, lagu, atau data lainnya tentunya membutuhkan kapasitas daya lebih. Untuk itu biasanya perusahaan smartphone memberikan satu slot untuk microSD sebagai memori tambahan. Sebelum Anda memutuskan untuk memilih dan membeli memory card untuk smartphone, alangkah baiknya jika mengetahui beberapa cara memilih memory card berikut ini.

Memilih Memory Card

Berikut Cara Memilih Memory Card yang Perlu Anda Ketahui

Memilih Merk Ternama

Cara memilih memory card yang pertama adalah menentuan merek. Terdapat banyak merk memory card untuk smartphone yang namanya sudah terkenal di kalangan pengguna gadget. Adapun merk-merk tersebut seperti Sandisk, Toshiba, Kingston, serta Samsung. Merk-merk tersebut tentunya memiliki kualitas handal dalam kinerjanya sebagai media penyimpanan. Selain itu merk-merk terkenal akan memberikan garansi resmi cukup lama, sehingga bila terjadi kerusakan lebih aman dengan adanya garansi.

Memperhatikan Class pada Memory

Yang tak kalah pentingnya dalam memilih memory card pada smartphone adalah memperhatikan class. Pada umumnya semakin tinggi class memori tersebut maka semakin bagus kualitas yang dimiliki terutama untuk masalah transfer data yang bisa mencapai 48 MBps untuk class 10. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin memiliki kualitas yang baik, sebaiknya memilih paling tidak class 10.

Memastikan Bahwa Memory Card mendapatkan Garansi

Cara memilih memory card untuk smartphone berikutnya adalah dengan memastikan bahwa memory card yang Anda beli memiliki garansi resmi. Seperti penjelasan di atas, biasanya untuk merk-merk terkenal akan memberikan garansi sesuai ketentuan mereka. Jangan lupa untuk menanyakan kepada pihak toko mengenai garansi terhadap microSD yang Anda beli.

Jangan Tergoda dengan Penawaran Harga Murah

Dalam memilih memory card berjenis microSD yang dikhususkan untuk smartphone, Anda perlu behati-hati dengan harga murah. Dengan harga yang terlalu murah dan tak wajar, Anda perlu curiga dengan kualitas dari memory tersebut. Apalagi saat ini banyak sekali memory card palsu dengan membawa brand terkenal yang beredar di pasaran dengan harga yang murah dan tidak wajar. Pastikan juga Anda membeli di toko resmi yang berani menjamin keaslian barang yang dibeli.

Menyesuaikan dengan Kebutuhan serta Spesifikasi

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda untuk masalah penyimpanan. Pastikan Anda memilih memory card sesuai dengan kebutuhan Anda dalam menggunakan smartphone. Bagi Anda yang suka mengoleksi foto dengan resolusi tinggi, video, musik, atau data-data penting lainnya maka Anda bisa memilih dengan kapasitas yang lebih besar misal 16GB. Sedangkan untuk keperluan biasa seperti musik kapasitas 8GB sudah cukup. Selain itu Anda juga perlu mempertimbangkan spesifikasi smartphone. Pasalnya vendor akan memberikan batas maksimal ukuran memori tambahan.

Itulah tadi pembahasan mengenai cara memilih memory card untuk smartphone yang bisa Anda perhatikan. Baca juga Aplikasi penghemat baterai Android.