Cara Memilih Kamera DSLR yang Perlu Diperhatikan

By Categories : Teknologi

Kamera DSLR menjadi pilihan bagi mereka yang suka dengan hobi akan fotografi. Kamera DSLR memang dapat menghasilkan kualitas gambar lebih baik dibandingkan dengan kamera ponsel maupun kamera digital biasa. Terdapat berbagai macam merk kamera DLSR yang beredar di pasaran dengan harga yang bervariasi. Mulai dari pemula sampai dengan professional kamera DSLR beredar di pasaran. Dalam proses pembelian kamera DSLR dibutuhkan beberapa cara dalam memilih. Di bawah ini terdapat beberapa cara memilih kamera DSLR yang perlu diperhatikan.

Cara Memilih Kamera DSLR

Berikut Cara Memilih Kamera DSLR

Memilih ISO yang Besar

ISO merupakan salah satu fitur yang terdapat pada kamera DSLR yang berguna sebagai sensitifitas terhadap cahaya. Biasanya ISO digunakan ketika memotret pada suatu ruangan atau di luar ruangan dengan pencahayaan yang kurang. Setiap kamera umumnya memiliki jumlah ISO maksimal yang berbeda-beda. Untuk membeli kamera Anda perlu membandingkan terlebih dahulu jumlah ISO maksimal antara merk kamera satu dengan lain di kelas yang sama.

Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Dana

Cara memilih kamera DSLR yang kedua adalah dengan menyesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki. Untuk memilih kamera DSLR memang perlu disesuaikan dengan dana dan anggaran yang dimiliki Sebagai contoh bagi Anda yang baru ingin mempelajari dunia fotografi sebaiknya cukup memulai dengan kamera pemula seperti Canon 1200D ataupun Nikon D3200.

Kedua kamera tersebut sudah cukup bagus digunakan untuk pemula. Setelah mempelajari dengan baik barulah meng-upgrade versi di atasnya. Pasalnya jika langsung menggunakan kamera semi pro maupun pro akan kesulitan dengan pengaturan yang ada.

Perhatikan Merk Kamera yang Akan Dipilih

Cara memilih kamera DSLR yang berikutnya adalah dengan memperhatikan merk kamera yang akan dipilih. Sampai saat ini merk-merk berkelas seperti Nikon, Canon masih merajai pasaran kamera DSLR meski terdapat merk-merk lain yang berkualitas juga. Sebelum Anda membeli, maka Anda harus memutuskan untuk merk kamera DSLR apa yang akan dipilih. Setiap merk memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan sendiri.

Perhatikan Resolusi pada Kamera

Cara berikutnya untuk memilih kamera DSLR dengan memperhatikan resolusi pada sebuah kamera. Setiap merk meski di kelas yang sama biasanya memiliki resolusi yang berbeda-beda. Namun rata-rata sampai saat ini kamera DSLR memiliki resolusi mencapai 12 Megapixels yang sudah didukung dengan menggunakan teknologi canggih. Semakin besar resolusi yang diberikan maka semakin bagus pula hasil yang didapat.

Perhatikan Resolusi Video yang Mampu Dihasilkan

Cara yang kelima adalah dengan memperhatikan resolusi video yang mampu dihasilkan dari kamera DSLR tersebut. Selain resolusi Anda juga perlu melihat fram per second atau disingkat FPS pada kamera tersebut. Oleh sebab itu memilih kamera DSLR tidak hanya dilihat dari merk, hasil foto yang dihasilkan, tetapi juga hasil dari kualitas video.

Nah demikianlah tadi beberapa cara memilih kamera DSLR yang perlu diperhatikan. Sebelum membeli alangkah baiknya untuk melihat-lihat terlebih dahulu antara seri satu dengan seri lain. Baca juga artikel mengenai Tips memilih kamera digital.

loading...